Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

5 Resep Praktis Olahan Dari Daun Kelor

Sabtu, 25 Juli 2020 | 7:22:00 PM WIB Last Updated 2020-07-25T11:22:33Z



 
Daun Kelor (Moringa Oleifera) merupakan tanaman asli daerah India, Pakistan, Bangladesh dan Afganistan.

Koranelektronik.com – Dunia tak selebar daun kelor. Mungkin itu hanya pribahasa. Tetapi, tahukah anda jika daun kelor yang berukuran kecil ini bisa dijadikan bahan makanan?

Tanaman kelor (Moringa Oleifera) merupakan tanaman asli daerah India, Pakistan, Bangladesh dan Afganistan. Tanaman ini tumbuh subur di daerah tropis sehingga anda juga bisa dengan mudah menanamnya di dekat lahan rumah yang kosong. 

Tak hanya sekedar jadi pohon peneduh, kelor juga memiliki beragam manfaat mulai dari mengontrol gula darah, melindungi organ hati, mencegah peradangan juga melancarkan pencernaan.

Akan tetapi, daun kelor ini ternyata masih asing. Tidak banyak yang tahu bahwa daun kelor bisa dijadikan olahan sebagai menu harian.

Berikut beberapa ide resep oalahan daun kelor :

1. Teh Daun Kelor

Manfaat daun kelor sebagai sajian teh. Anda bisa menggunakan dua cara yaitu menggunakan daun kelor segar atau yang sudah dikeringkan.

Cara membuatnya cukup mudah, cukup pisahkan sejumput daun kelor, lalu cuci bersih dan rebus sampai mendidih, kemudian saring air rebusan dan nikmati teh daun kelor. Cara ini untuk membuat teh daun kelor basah.

Sedangkan untuk teh daun kelor kering, terlebih dahulu jemur daun kelor sebanyak 1 genggam sampai kecokalatan kering, kemudian tumbuk dan seduh dengan air panas. Teh kelor siap dinikmati atau bisa juga ditambahkan lemon dan madu untuk menambah citarasa dan manfaat.

2. Smoothie Daun Kelor

Bosan dengan smoothie yang biasa, cobalah racikan smoothie berbahan dasar daun kelor. Cara membuatnya cukup siapkan daun kelor segar, potongan nanas, mangga dan pisang, kemudian blender dan smoothie segar siap di minum.

Jika tidak biasa dengan smoothie, anda bisa menyisipkan daun kelor ke dalam jus sayur, gunakan sedikit saja agar tidak mengacaukan rasa racikan jus anda.

3. Sup Daun Kelor 

Daun kelor juga bisa dijadikan olahan sup. Cara membuatnya sama seperti membuat sup seperti biasanya, akan tetapi daun kelor sebaiknya dimasukan saat sup sudah matang, dan jangan terlalu lama untuk  memasaknya agar tidak lembek.


Selain dijadikan olahan sup, daun kelor juga bisa dijadikan sayur bening segar dengan bumbu bawang putih dan garam ini terbilang praktis.

4. Scrambled Egg Daun Kelor

Telur orak arik alias scramble egg jadi semacam ‘commfort food’ yang mudah diolah. Cara membuatnya siapkan daun kelor lalu rebus dahulu, kemudian campurkan dengan kocokan telur, lalu goreng. Bila ingin makin nikmat tambahkan cacahan sosis.

5. Guacamole Daun Kelor

Sama-sama hijau, anda bisa mencampurkan daun kelor dan alpukat. Guacamole paling sederhana dibuat dari alpukat tumbuk dan sedikit garam. Dari resep praktis ini, cukup tambahkan daun kelor yang sudah di cincang halus.



(Dyn/Ke)
×
Berita Terbaru Update