Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Atasi kulit terbakar agar tidak menimbulkan bekas luka

Senin, 27 Juli 2020 | 8:56:00 AM WIB Last Updated 2020-07-27T00:56:11Z


Ilustrasi luka bakar

KoranElektronik.com - Terkena luka bakar bukan hanya menyakitkan, namun juga menimbulkan bekas luka yang sulit untuk di hilangkan. Berikut cara mengatasi bekas luka bakar.

Dilansir dari Merdeka.com, Langkah pertama yang bisa dilakukan agar luka bakar pada kulit tak memunculkan bekas atau parut, saat terkena luka bakar segera basuh menggunakan air mengalir selama 10-20 menit. Medical Expret Combiphar, Dr.Sandi Perutama Gani menyarankan, setelahnya segeralah keringkan area kulit yang terkena luka bakar.

Air mengalir bisa mendinginkan atau melepaskan panas pada area kulit yang terkena luka. Setelahnya, oleskan saleb khusus untuk perawatan luka bakar tipis dengan ketebalan sekitar 1 milimeter setiap 4-6 jam.

Sebaiknya pilihlah yang mengandung antimikrobial untuk mencegah bakteri berkembang, anti-inflamasi untuk melepaskan panas dan melembabkan karena kondisi area luka lembab bisa mempercepat penyembuhan luka.

Bisa juga menggunakan saleb herbal seperti phellodendri chinensis, coptidis rhizome, scutellariae radix, serta yang mengandung minyak wijen dan beewax karena bisa berfungsi untuk memberi kelembapan pada area luka, menyerap sisa panas sehingga akan membantu mengurangi tingkat keparahan luka.

Jauhkan area luka dari pakaian atau kain untuk sementara waktu. Jika derajat keparahan luka melebihi dua atau salah satu tandanya ada lepuhan dan area luka meluas, segeralah meminta pertolongan ahli medis setelah memberi pertolongan pertama.[MA/KE]
×
Berita Terbaru Update