Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Bakamla Menangkap Kapal Ikan Dari Laut Vietnam, Suasana Ketegangan Di Laut Natuna

Senin, 27 Juli 2020 | 11:32:00 AM WIB Last Updated 2020-07-27T03:45:58Z


Ilustrasi Penangkapan Kapal Vietnam
KoranElektronik.Com - Badan Keamanan Laut (Bakamla), dengan menggunakan KN. Pulau Dana-323, menangkap kapal ikan asing (KIA) asal Vietnam yang diduga melakukan pencurian ikan, di Laut Natuna Utara, Minggu (26/7).

Dalam siaran Pers Bakamla, KN. Pulau Dana-323 mulanya melakukan patroli di Laut Natuna Utara. Tak lama, armada melihat kontak sebuah KIA Vietnam. Kapal Bakamla mencoba berkomunikasi dengan radio VHF terhadap KIA, sekitar pukul 11.00, namun tidak mendapatkan respon. Kemudian KM. Pulau Dana-323 melakukan manuver untuk mendekati Kapal Vietnam itu dan melakukan kontak komunikasi dengan menggunakan isyarat Semaphore.

Saat mengetahui akan diperiksa, Kapal Vietnam tersebut malah manambah kecepatan dari 2 knot menjadi 8 knot, dan berusaha menjauh dari KN. Pulau Dana -323. Kapal Vietnam itu juga melepaskan tanda jaring ikan berwarna hitam untuk menghilangkan barang bukti.

Kapal Bakamla tetap melakukan pengejaran terhadap Kapal Berbendera Vietnam tersebut karena tidak mampu melepaskan diri dari kejaran KN.Pulau Dana-323, KIA tersebut . membakar ban di bagian buritan. Asap hitam terlihat mengepul di udara.

Tembakan peringatan kemudian dilepaskan ke udara. Kapal ikan Vietnam itu tetap berusaha melarikan diri dengan bermanuver melingkar dan membahayakan Tim VBSS. Selanjutnya Tim VBSS melepaskan tembakan ke anjungan KIA.

Pada akhirnya, KIA mengurangi kecepatan dan Tim VBSS berhasil merapat di lambung kiri KIA. Selanjutnya Tim VBSS melakukan pengamanan dengan mengumpulkan semua anak buah kapal (ABK) di haluan kapal. Prosedur pengamanan tidak hanya dilakukan terhadap ABK, namun juga di seluruh bagian KIA.

Kapal ikan tersebut berhasil dirapatkan ke KN. Pulau Dana-323. Dari pemeriksaan awal, diketahui KIA  tersebut memuat ikan sebanyak 2 ton. Untuk dilakukan proses lebih lanjut, KIA beserta seluruh ABK dikawal oleh personil KN.Pulau Dana-323 menuju Selat Lampa-Natuna.

(MALA/KE)





×
Berita Terbaru Update