Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Cara Membuat Roti Tawar Yang Lembut Ala Rumahan

Jumat, 31 Juli 2020 | 2:49:00 PM WIB Last Updated 2020-07-31T06:49:22Z


Roti tawar

KoranElektronik.com - Di masa pandemi saat ini tentu saja sebagian dari kita memilih untuk tetap di rumah saja, untuk menghindari kerumunan. Di rumah saja tentu membuat kita merasa bosan, yukk untuk mengatasi rasa bosan. Mari kita mencoba membuat roti tawar yang lembut di rumah.

Caranya cukup mudah, dengan bahan-bahan  yang cukup simpel, kita bisa membuat roti tawar dengan teksturnya sangat lembut.

Bahan-bahan :

- 150 gram tepung terigu protein tinggi
- 100 gram tepung terigu protein sedang
- 1/2 sdt ragi instan
- 3 sdm susu bubuk
- 4 sdm gula pasir
- 120 ml air dingin
- 1/2 sdt mentega
- 1/2 sdt garam

Membuat water roux :

Siapkan 1 sdm tepung terigu dan 100 ml air untuk membuat water roux. Caranya satukan tepung terigu dan air ke dalam panci. Aduk rata, lalu panaskan sambil terus diaduk hingga mengental. Matikan api, biarkan dingin.

Campurkan semua bahan kering (kecuali garam dan mentega) yang disiapkan. Tuangkan water roux sedikit demi sedikit. Tambahkan air sedikit demi sedikit. Tambahkan mentega dan garam sembari terus di uleni hingga kalis.

 Setelah adonan kalis, gulung dan masukkan dalam wadah yang sudah diolesi mentega. Diamkan adonan hingga mengembang dua kali lipat.

Masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega, panggang dalam oven selama kurang lebih 60 menit (tergantung dari jenis oven masing-masing) sampai matang.

Selamat mencoba.
×
Berita Terbaru Update