Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Cara Menghilangkan Kapalan di Kaki Dengan Bahan Alami Tanpa Iritasi

Senin, 20 Juli 2020 | 7:46:00 PM WIB Last Updated 2020-07-20T11:56:26Z



Kaki kapalan


Koranelektronik.com - Kapalan atau callus adalah kulit yang menebal dan mengeras. Biasanya, kulit yang mengalami kapalan akan terasa kering dan berwarna agak putih kekuningan.
Kapalan sering terjadi di telapak kaki, jari-jari kaki, tumit, telapak tangan, serta jari-jari tangan.  
Penyebab kapalan antara lain terlalu lama berdiri, struktur tulang yang abnormal, memainkan alat musik, mengoperasikan alat berat, atau bahkan menulis.
Kapalan umumnya tidak berbahaya, tetapi dapat mengubah tampilan kulit. kapalan adalah mekanisme perlindungan alami terhadap kulit  yang ada di bawahnya, dan bukan masalah serius bagi kesehatan.
Kapalan hanya perlu diobati jika kondisi ini menimbulkan rasa tidak nyaman atau mengganggu penampilan.
Biasanya kulit kapalan akan membuat penampilan tidak percaya dan risih dan menjadi tidak sabar untuk segera menghilangkannya dengan Cutter, pisau cukur, gunting kuku, atau gunting .
Memotong kulit kapalan dengan benda tajam justru akan meninggalkan luka terbuka yang rentan membuat infeksi.

Daripada memaksa menghilangkan kapalan dengan benda tajam atau mengelupasnya dengan paksa, cobalah solusi mengatasi kapalan  dengan bahan alami yang sudah di lansir dari berbagai sumber.
Merendam kaki di air hangat
Merendam  kaki dengan air hangat membuat kulit kaki akan menjadi rileks dan kulit kapalan yang keras akan melunak.
Caranya sangat mudah , rendamlah kaki dengan air hangat sekitar kurang lebih 20 menit, kemudian keringkan dengan handuk halus Jika diperlukan, anda bisa melanjutkannya dengan mengikir.

Apabila kapalan sudah melunak, kikir secara lembut dengan menggunakan batu apung. Lakukan gerakan memutar untuk mengikis kulit mati. Berhati-hatilah untuk tidak mengikis terlalu berlebihan karena dapat menyebabkan iritasi bahkan perdarahan dan infeksi.

Cuka apel

Cuka apel  mempunyai kandungan asam yang dapat melembutkan kulit keras kapalan.
Cara membuatnya : Campurkan 1 sdm cuka apel ke dalam ember terisi air dan rendam kaki anda sekitar 20 menit.
Setelah merendam kaki, cobalah kupas satu atau dua lapisan kapalan dengan perlahan dan lembut. Jangan menarik terlalu keras dan cobalah bersabar, karena jika sampai merobek kulit di sekitar kapalan dapat menimbulkan luka dan infeksi.

Lemon

Kandungan asam pada lemon dapat mengikis permukaan kapalan yang tebal.
Cara membuatnya ambill 1 buah lemon lalu potong dan usapkan pada bagian yang kapalan, atau bisa dengan mengompreskan dengan kapas yang sudah dibasahi dengan air lemon, lakukan setiap malam hingga kapalan menipis.

Minyak jarak

Minyak jarak bersifat seperti pelumas alami sehingga membuat kulit lembap.
Caranya cukup mudah oleskan minyak jarak pada bagian kaki anda yang mengalami kapalan secara rutin, minyak jarak juga akan mengurangi rasa sakit akibat kapalan.

Baking soda

Baking soda cocok digunakan untuk merawat kaki kapalan karena dapat mengeksfoliasi kulit.
Cara menggunakannya, campur baking soda dengan sedikit air hingga menjadi pasta. Kemudian gosok seperti luluran untuk mengelupas kulit yang kapalan tanpa membuatnya lecet.

Itulah beberapa cara menghilangkan kapalan dengan mudah dari bahan alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah.
Apabila kapalan sudah berkurang atau menghilang, Anda tetap perlu melakukan pencegahan agar kapalan tidak kembali muncul. Yaitu dengan mengenakan sepatu yang memberikan kaki Anda cukup ruang.

dan juga hindari 'nyeker' atau bertelanjang kaki. Semoga tips di atas dapat membantu Anda menjaga kaki dan bagian kulit lainnya tetap halus dan bebas dari kapalan.

(Dyn/Ke)
×
Berita Terbaru Update