Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Cara Menghilangkan Stres yang Efektif dan mudah diterapkan

Rabu, 29 Juli 2020 | 7:57:00 AM WIB Last Updated 2020-07-28T23:57:21Z


Ilustrasi sedang stres

KoranElektronik.com - Berbicara tentang stres, setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya stres. Entah itu stres level ringan, sedang atau akut.

Gangguan mental ini tidak hanya berpengaruh pada kondisi psikis, stres juga bisa berpengaruh pada berat badan, kehidupan seksual, kerontokan rambut, dan penyakit kronis. Oleh sebab itu jangan abaikan stres yang anda rasakan.

Dilansir dari Merdeka.com, berikut cara menghilangkan stres yang mudah diterapkan, lakukan setiap hari untuk mengelola stres yang anda alami akibat tekanan aktivitas, agar kesehatan mental anda terjaga.

1. Olahraga (lari)
Menurut hasil penelitian, olahraga lari bisa membantu memperbaiki mood, meningkatkan produksi edorphin (hormon bahagia), dan membantu menyalurkan pikiran-pikiran negatif dengan cara positif.

2. Yoga
Teknik pernapasan dan meditasi dalam yoga sudah terbukti ampuh dalam memperbaiki mood bagi penderita stres dan depresi. Cobalah rutin yoga, minimal dengan pose-pose penangkal stres seperti sukhasana, child's pose, triangle pose, atau camel pose.

3. Menulis jurnal atau diary
Penelitian pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam Anxiety, stres, dan Coping menemukan bahwa menulis mengenai hal yang membuat depresi selama 20 menit dalam waktu 2 hari berturut mampu menurunkan kadar stres.

4. Kurangi konsumsi gula, caffein, dan daging merah
Meskipun terlihat remeh, membatasi mengonsumsi ketiga makanan ini merupakan cara menghilangkan stres yang cukup efektif. Dalam porsi yang berlebihan, gula, caffein, dan daging merah bisa meningkatkan hormon stres serta memicu kegelisahan.

5. Minum air putih
Merupakan cara menghilangkan stres yang paling mudah sekaligus efektif. Pasalnya dehidrasi bisa meningkatkan stres dan kegelisahan. Mengonsumsi air putih dalam jumlah yang memadai.

6. Mendengarkan musik selama 30 menit
Penelitian di Jounal of advanced nursing, menemukan bukti bahwa bergerak sesuai irama lagu juga bisa semakin menambah emosi positif dan memicu produksi endorphin.
×
Berita Terbaru Update