Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Catat, Tilang Elektronik Berlaku Kembali Minggu Depan

Jumat, 17 Juli 2020 | 1:50:00 PM WIB Last Updated 2020-07-17T05:51:44Z


Kamera pengawas atau 'closed circuit television' (CCTV) terpasang di jalur koridor 6 Transjakarta di Mampang, Jakarta, Kamis (23/1/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menerapkan tilang elektronik atau ETLE awal Februari 2020. (Liputan6.com/Immanuel Antonius) (Doc. Liputan6.com)

Koranelektronik.com - Selain tilang manual, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya juga memberlakukan kembali electronic-traffic law enforcement (e-TLE) atau Tilang Elektronik di sejumlah ruas jalan.

Berlaku minggu depan, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengimbau pengendara kendaraan bermotor lebih memperhatikan peraturan lalu lintas yang berlaku.

“Tilang elektronik kita berlakukan bersamaan dengan pelaksanaan tilang manual,” katanya dilansir NTMC Polri, Jumat (17/7/2020).

Banyaknya pelanggar lalu lintas menjadi alasan utama tilang manual dan tilang elektronik kembali diberlakukan di wilayah DKI Jakarta. Terlebih kepatuhan masyarakat terhadap peraturan yang berlaku mengalami penurunan.

“Selama masa pandemik kemarin, anggota memprioritaskan pada penanganan terhadap kegiatan PSBB. Tetapi, karena anggota lebih fokus ke sana dan tidak melakukan pelanggaran lalu lintas, kami melihat bahwa kedisiplinan masyarakat, kepatuhan masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan lalu lintas terjadi penurunan,” ujar Sambodo.

Tak hanya itu, polisi juga menemukan banyak pelanggaran lalu lintas yang berpotensi menimbulkan kecelakaan dan membahayakan pengguna jalan lain.

Banyak Pelanggaran Lalu Lintas

“Sehingga banyak sekali pelanggaran lalu lintas yang ditemukan, seperti melawan arus, melanggar batas stop line, melanggar lampu merah, tidak menggunakan helm, sepeda motor naik ke jalan layang non-tol dan lain sebagainya,” tuturnya.

Terdapat 15 jenis pelanggaran yang menjadi sasaran operasi. Akan ditindak tegas, pelanggar lalu lintas diharapkan tak mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.

“Oleh sebab itu, maka mulai minggu depan kita akan laksanakan lagi penindakan secara tegas terhadap 15 jenis pelanggaran yang sering kita temukan dan berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas,” katanya.

Baca Sumber Asli
×
Berita Terbaru Update