Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Dieng Mencapai 3 Derajat

Sabtu, 25 Juli 2020 | 10:59:00 AM WIB Last Updated 2020-07-25T02:59:44Z




KoranElektronik.com- Fenomena alam embun es di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah muncul 2 hari berturut-turut. Namun, hari ini Sabtu (25/7/2020) embun es lebih tebal dibanding hari sebelummya dan suhu minus 3 derajat celsius.
"Embun es hari ini lebih tebal dari hari kemarin (Jumat, 24/7). Yang terdampak pun lebih luas. Hanya masih di sekitar kompleks Candi Arjuna," kata salah seorang warga Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, Hasta Priyandono, Sabtu (25/7/2020).
Hasta sempat mengukur suhu dengan menggunakan thermometer. Hasilnya, suhu di kompleks Candi Arjuna Dieng minus 3 derajat celsius. Namun, saat diukur menggunakan thermogun hingga minus 7 derajat celsius.
"Tadi saya ukur dengan thermometer memang lebih dingin dari kemarin. Kalau kemarin tercatat 0 derajat, sekarang minus 3 derajat. Tetapi tadi ada yang mencoba mengukur dengan thermogun malahan sampai minus 7 derajat celsius," sebutnya.
Sebelumnya, fenomena embun es juga terjadi di komplek Candi Arjuna Dieng. Namun, lebih tipis dan hanya di titik tertentu. Sedangkan hari ini, embun es lebih luas dan menyeluruh di komplek Candi Arjuan.
"Kalau yang sekarang lebih luas dan tebal. Di sekitar candi, komplek lapangan. Tetapi tidak sampai ke lahan kentang milik warga," terangnya.
Embun es ini tidak muncul setiap hari. Biasanya, embun alan muncul di musim kemarau jika suhu di malam hari turun hingga 10 derajat celsius. Sehingga pagi harinya, fenomena embun es akan muncul.
"Hari ini muncul, kemarin (Jumat, 24/7) juga muncul embun es. Tetapi ini belum puncaknya," kata salah seorang karyawan UPT Dieng, Mohson.
Diberitakan sebelumnya, suhu udara di dataran tinggi Dieng kembali turun hingga 0 derajat celsius, Jumat (24/7). Kondisi ini membuat embun di sekitar komplek Candi Arjuna membeku.
Salah seorang warga Desa Dieng Kulon Kecamatan Batur, Banjarnegara Hasta Priyandono sempat mengukur suhu udara di komplek Candi Arjuna pagi ini dengan menggunakan thermometer. Ia pun sempat mengabadikan fenomena embun es di sekitar kompleks Candi Arjuna.
"Saya cek tadi pagi, suhu udara 0 derajat. Dan embun di sekitar komplek candi Arjuna membeku menjadi es," kata Hasta, Jumat (24/7).

×
Berita Terbaru Update