Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Disebut Tempat Ibadat Struktur Batu Bata Kuno Dimalang

Jumat, 24 Juli 2020 | 11:29:00 PM WIB Last Updated 2020-07-24T15:29:39Z


Batu bata kuno (Foto: Muhammad Aminudin/File)

KoranElektronik.Com, Malang - Struktur batu bata kuno yang ditemukan di kebun singkong Desa Langlang, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, diduga adalah tempat peribadatan. Tempat suci mirip bangunan candi tersebut menghadap ke timur atau awal munculnya kehidupan yakni sinar matahari.

"Hasil pengamatan, struktur batu bata kuno ini tidak terkait dengan tempat penghunian dalam arti provan. tetapi struktur aktivitas religi pada masa lalu," terang Plt Kepala Seksi Perlindungan, Pengembangan dan Pemanfaatan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur Nugroho Harjo Lukito, Jumat (24/7/2020).

Nugroho menambahkan melihat dari orientasi bangunan yang menghadap ke arah gunung Arjuno yang berada di sisi barat dari struktur bata kuno.

"Bagian dapan menghadap ke timur atau pertama kali munculnya kehidupan," beber Nugroho.

Seperti yang diberitakan dan sedang viral di masyarakat, struktur batu bata kuno ditemukan warga di kebun singkong, Desa Langlang, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Penelitian awal mengungkap material batu bata berbeda dengan penemuan sebelumnya. Dugaan awal dibangun pada 9 atau 10 Masehi atau masa Mpu Sindok.

Batu bata yang ditemukan memiliki Ukuran panjang 38 sentimeter, Lebar 28 Sentimeter dengan ketebalan 10 sentimeter. Batu bata kuno tersebut awalnya ditemukan oleh petugas Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) saat melakukan pengukuran lahan di desa setempat.
(MALA/KE)

 

×
Berita Terbaru Update