Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Gara-gara Bersihkan Udang, Jari Pria Ini Harus Diamputasi

Kamis, 16 Juli 2020 | 5:44:00 PM WIB Last Updated 2020-07-16T09:44:40Z



Bersihkan Udang Tangan Terluka Foto: Facebook (Dok.Detik.com)
Koranelektronik.com, -Membersihkan udang merupakan pekerjaan sehari-hari. Tetapi jari pria ini harus diamputasi karena terinfeksi bakteri usai bersihkan udang.
Membersihkan udang memang sering terasa agak merepotkan. Karena kepala udang yang ujungnya tajam, ada sungut dan kaki-kaki udang yang harus diangkat. Meski demikian bersihkan udang merupakan perkerjaan biasa. Sayangnya hal ini berakibat fatal bagi seorang pria di Singapura.
Dilansir dari AsiaOne (16/07), seorang pria asal Singapura harus dilarikan ke rumah sakit. Setelah ia tak sengaja tergores cangkang udang saat membersihkannya. Meski terdengar sepele ternyata jari telunjuk pria itu terinfeksi oleh bakteri pemakan daging.
Bersihkan Udang Tangan Terluka
Korban yang namanya tidak disebutkan ini menceritakan awal mula kejadiannya. Saat itu ia baru saja membeli udang dari pasar tradisional, ia sering terluka saat membersihkan udang. Jadi dia pikir kejadian ini bukan masalah besar.
Namun keesokan harinya ia melihat bagian jari tangannya mulai berubah menjadi kehitaman. Ia juga mengalami demam ringan. Merasa ada yang tak beres, pria ini langsung pergi ke klinik 24 jam di wilayah Toa Payoh. Klinik itu langsung merujuk pria tersebut ke rumah sakit besar.
Di sana pria itu harus melakukan operasi dan dirawat selama 7 hari. Jari telunjuknya yang terinfeksi harus diamputasi untuk mencegah penyebaran bakteri jahat tersebut.
Bersihkan Udang Tangan Terluka Foto: Facebook (Dok.Detik.com)

Menurut dokter jika terlambat sedikit saja, pria itu bisa saja kehilangan seluruh tangannya atau meninggal dunia. Karena bakteri pemakan daging itu sudah mencapai bagian ketiaknya.
Untungnya dokter masih bisa menyelamatkan nyawanya, tapi pria itu tetap kehilangan jari telunjuknya. Untuk itu ia mengingatkan orang-orang agar berhati-berhati saat membersihkan udang mentah atau seafood lainnya.
Bakteri pemakan daging atau disebut juga dengan nama necrotizing fasciitis, merupakan bakteri yang kebal terhadap antibiotik. Bakteri ini bisa berakibat fatal jika tidak segera diobati.
Bersihkan Udang Tangan Terluka Foto: detikFood
Beberapa gejala dari infeksi bakteri ini seperti bagian tubuh yang berubah menjadi merah atau bengkak. Lalu rasa nyeri sampai tubuh demam.
Sementara menurut salah satu dokter, tidak semua luka dari goresan kulit ikan atau seafood lainnya bisa menyebabkan infeksi. Namun jika mengalami gejala di atas bisa langsung pergi ke dokter.
Kasus serupa juga pernah terjadi Hangzhou, China. Saat itu seorang pria tak sengaja melukai tangannya saat sedang mengupas udang yang sudah terkontaminasi bakteri. Pria ini mengalami infeksi parah dan akhirnya meninggal
×
Berita Terbaru Update