Iklan

Iklan

Gubernur Oklahoma tes positif untuk coronavirus karena jumlahnya meningkat di AS

Santi Dwi Lestari
Kamis, 16 Juli 2020 | 10:21:00 AM WIB Last Updated 2020-07-16T02:21:12Z
FOTO FILE: EMT membersihkan bahan-bahan mereka di luar Memorial West Hospital di mana pasien penyakit coronavirus (COVID-19) dirawat, di Pembroke Pines, Florida, AS 13 Juli 2020. REUTERS / Maria Alejandra Cardona

Gubernur Republik Oklahoma Kevin Stitt mengatakan pada hari Rabu (15 Juli) ia telah dites positif virus corona baru, pertama kali seorang gubernur negara bagian AS mengumumkan mereka terinfeksi.
Jumlah kasus AS telah meningkat, terutama di selatan dan barat, sejak pejabat lokal mulai melonggarkan pembatasan ekonomi dan sosial yang bertujuan memperlambat penyebaran virus. Kasus-kasus baru sekarang rata-rata sekitar 60.000 sehari.
Oklahoma melaporkan peningkatan catatan kasus untuk hari kedua berturut-turut pada hari Rabu, dengan 1.075 kasus baru, sehingga totalnya menjadi 22.813. Jumlah total kasus secara nasional mendekati 3,5 juta, sejauh ini merupakan jumlah tertinggi di dunia.
Stitt menghadapi serangan balasan dalam beberapa hari terakhir setelah memposting di Twitter gambar dirinya dan dua anaknya di sebuah restoran yang ramai, bahkan ketika otoritas kesehatan negara mendesak jarak sosial untuk memperlambat wabah.
"Saya diuji COVID-19 kemarin dan hasilnya kembali positif," kata Stitt dalam panggilan konferensi video dengan wartawan. "Aku merasa baik-baik saja, sungguh, maksudku kamu mungkin mengatakan aku tidak menunjukkan gejala atau hanya sedikit agak sakit."
Stitt berada di sebuah rapat umum yang diadakan oleh Presiden AS Donald Trump di Tulsa pada 20 Juni yang dihadiri oleh ribuan orang, kebanyakan dari mereka tidak mengenakan topeng, menentang saran dari pejabat kesehatan untuk tidak berkumpul dalam kelompok besar.
Gubernur jangka pertama Republik mengatakan dia telah bekerja dengan pelacak kontak ketika gejalanya berkembang dan mereka percaya dia tidak akan menular sebelum Sabtu.
Meskipun Stitt mendorong Oklahomans untuk mengenakan masker wajah, ia jarang mengenakannya di depan umum dan, tidak seperti beberapa gubernur lainnya, belum mengeluarkan mandat topeng di seluruh negara bagian.
trump, anggota partai Republik lainnya, juga enggan merangkul topeng.
Sejak reli Tulsa, kasus virus corona di daerah sekitarnya telah meningkat menjadi lebih dari 5.200 - peningkatan 219 persen selama empat minggu terakhir, menurut analisis Reuters.
Delapan anggota staf kampanye Trump dites positif pada saat acara itu.
Beberapa pejabat AS telah dites positif untuk virus, termasuk Walikota Atlanta Keisha Lance Bottoms.
Jaksa Agung Louisiana, Jeff Landry, membatalkan pertemuan dengan Wakil Presiden Mike Pence pada hari Selasa setelah dinyatakan positif. Landry mengatakan dia tidak memiliki gejala dan sedang minum obat yang diresepkan oleh dokternya.
Florida, yang telah menjadi pusat penyebaran baru, pada hari Rabu melaporkan 10.000 kasus baru, menempatkan total kasus negara di lebih dari 300.000. Itu juga melaporkan 112 kematian baru, turun dari catatan 133 yang dilaporkan pada hari Selasa.
Pada hari Rabu, Walikota Chicago Lori Lightfoot mengkritik anak-anak muda di kota AS terbesar ketiga karena tidak menanggapi pandemi secara serius, mengutip data yang menunjukkan peningkatan kasus di antara orang-orang dari usia 18 hingga 29 tahun.
"Beberapa dari Anda bercanda bahwa saya seperti ibu yang akan membalikkan mobil ketika Anda bertingkah. Tidak, teman-teman, ini sebenarnya lebih buruk. Saya tidak akan hanya membalikkan mobil. Saya akan menutup Aku akan menendangmu keluar dan aku akan membuatmu berjalan pulang, "Lightfoot mengatakan pada konferensi pers.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gubernur Oklahoma tes positif untuk coronavirus karena jumlahnya meningkat di AS

Trending Now

Iklan