Iklan

Iklan

Gugas Covid : Kapasitas Bed di RS Rujukan Terisi Separuh

Rabu, 15 Juli 2020 | 11:10:00 PM WIB Last Updated 2020-07-15T15:10:51Z
Anggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro mengatakan perawatan pasien terinfeksi virus corona sudah menunjukkan kemajuan.
Hal ini didasari pada kapasitas tempat tidur (bed) rumah sakit rujukan yang baru terisi separuh.

"Treatment atau perawatan memang sudah lebih dulu menunjukkan kemajuan, dengan semakin menurunnya bed occupancy ratio atau kapasitas tempat tidur sampai kisaran 50 persen," kata Reisa dalam jumpa pers di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (15/7).
Hal itu, menurutnya, menunjukkan kapasitas tempat tidur di rumah sakit, terutama rumah sakit rujukan Covid-19 masih tersedia.
Peningkatan kasus harian di Indonesia memang tidak lantas membuat kapasitas rumah sakit penuh. Reisa mengatakan, hal itu lantaran isolasi mandiri sudah menjadi pilihan banyak orang.Beberapa waktu sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan tempat tidur di ruang perawatan khusus pasien corona yang telah disiapkan baru terisi 53 persen.
"Isolasi mandiri menjadi pilihan ribuan orang yang sudah paham bahwa dirinya membawa virus, meski mereka terlihat sehat dan tidak menunjukkan gejala sakit sama sekali," ucapnya.
Reisa juga mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari untuk memutus rantai penularan.
"Ada tiga jurus yang bisa membuat kita berhasil memutus rantai penularan, yaitu jaga jarak aman, pakai masker dengan benar, ketiga, cuci tangan, ini ampuh membunuh virus," katanya.
Dalam paparan data laporan harian per 15 Juli 2020, Yurianto mengatakan jumlah kasus positif Corona di Indonesia secara akumulatif mencapai 80.094. Dari jumlah tersebut sebanyak 39.050 dinyatakan sembuh, dan 3.797 meninggal.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gugas Covid : Kapasitas Bed di RS Rujukan Terisi Separuh

Trending Now

Iklan