Iklan

Iklan

Kenapa Sih Kucing Suka Meringkung Di Dalam Kardus, Ini Dia Alasannya

Hardiyanti Lestari
Selasa, 28 Juli 2020 | 11:05:00 AM WIB Last Updated 2020-07-29T01:21:36Z


 
Alasan kucing yang menyukai meringkuk dalam kardus

Koranelektroni9k.com – para pemilik kucing tentu sudah tak asing dan heran melihat perilaku peliharaan kesayangan yang begitu senang masuk ke dalam kotak atau kardus, apapun bentuk, ukuran dan bahan kotak itu. Namun, ada alasan khusus mengapa kucing suka melakukan hal tersebut.

Kucing senang bersembunyi atau bermain di dalam kardus karena berbagai alasan. Mulai dari alasan yang didasarkan insting perburuan kucing hingga rasa nyaman.

Mengapa bisa demikian? Mengapa kucing begitu tertarik pada kardus?

Berikut beberapa alasan kucingbegitu suka bersembunyi dan bermain di dalam kardus :

1 Mencari Perlindungan Demi Merasa Aman

Dari berbagai percobaan laboratorium mengenai perilaku kucing, ternyata dapat diambil kesimpulan bahwa kucing memperoleh kenyamanan dari ruang yang tertutup. Hanya dengan ada ruanagn yang menurutnya bisa memberi dia kenyamanan dan keamanan di sekitar si kucing, dapat mengubah sifatnya secara fsiologis dan perilaku.

2 Menajaga Suhu Tubuh


Menurut penelitian pada 2006 yang dilakukan National Research Cpunil, temperatur yang paling disukai kucing rumah adalah 30 sampai 36 derajat celcius. Pada suhu itu kucing akan merasa nyaman dan tidak perlu membangkitkan panas tambahan untuk menjaga badannya agar tetap hangat.

3 Meghilangkan Stress

Seorang Ethologist dari Uthrect Universitas bernama Claudia Vinke, mengadakan penelitian untuk mengetahui tingkat stress kucing di penampungan. Dari penilitian ini, kucing yang di sediakan kotak disekitarnya, akan cepat beradaptasi dengan lingkungannya, dan cepat juga berinteraksi dengan manusia. Sebaiknya, jika ada kotak disekitarnya, mereka akan stress dan takut terhadap manusia.

4 Tekstur Yang Menyenangkan 



Selain tidur, banyak kucing juga yang senanng bermain-main di dakam kardus. Mereka kerap menggigit dan mencakar permukaan kardus.

Burnch mengatakan, bnyak kucing menyukai kardus untuk melakukan aktivitas. Kardus menciptakan lingkungan aman dengan tingkat stress yang rendah untuk kucing.

5 Bau Kardus Yang Menarik


Kardus melibatkan indera lain seperti penciuman. Kardus mampu menyerap bau lingkungan sekitarnya. Kucing punya kemampuan untuk mencium bau itu.

Akibatnya, banyak kucing kerap meringkuk di dalam kotak atau sekedar menggosokkan pipinya ke permukaan kardus. Mereka mengambil semua aroma sekaligus meninggalkan jejak aroma mereka sendiri.



(Dyn/Ke)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kenapa Sih Kucing Suka Meringkung Di Dalam Kardus, Ini Dia Alasannya

Trending Now

Iklan