Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Korea Utara Klaim Kembangkan Vaksin Covid-19

Senin, 20 Juli 2020 | 2:18:00 PM WIB Last Updated 2020-07-20T06:18:16Z


Ilustrasi penduduk Korea Utara di Ibukota Pyongyang. (AFP PHOTO / Ed JONES)


Koranelektronik.com – Korea Utara dilaporkan tengah mengembangkan vaksin Virus Corona secara mandiri.

Dilansir dari kantor berita Korea Selatan, Yonhap News Agency, Senin (20/7), klaim tersebut berdasar laporan dari situ Mirae yang dikelola Komisi Ilmu Pengatahuan dan Teknologi Korea Utara. Mereka mengatakan pemerintah Korea Utara sedang menggelar uji klinis terhadap pengembangan vaksin Covid-19.

Dari laporan, pengembangan vaksin tersebut dilakukan Akademi Ilmu Kedokteran Korea Utara. Mereka menggunakan bahan baku enzim pengubah angiotensin 2 (ACE2).

Menurut laporan tersebut, Korea Utara mengklaim vaksin tersebut berhasil membentuk kekebalan yang telah diuji coba pada hewan. Mereka mengatakan uji klinis pada manusia akan dilakukan pada bulan.

Selain itu, Departemen Rekayasa Biologis Akademi Ilmu Pengatahuan Korea Utara juga dilaporkan sedang melakukan penelitian pengembangkan vaksin tersebut.

Meskipun hingga saat ini belum ada catatan satu pun kasus terpapar Virus Corona, para Ilmuan Korea Utara akan segara melakukan uji klinis vaksin tahap tiga.

Meski demikian, pengembangan vaksin Covid-19 oleh Korrea Utara masih diragukan sebab kondisi perekonomian dan sistem kesehatan mereka yang dinilai rapuh.

×
Berita Terbaru Update