Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Manfaat ikan gabus pada kesehatan

Rabu, 29 Juli 2020 | 7:53:00 AM WIB Last Updated 2020-07-28T23:53:08Z


Ikan Gabus (Mida Andani)

Koran elektronik.com - Ikan gabus bukan hanya enak untuk dijadikan lauk, namun juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari hallosehat.com, penelitian yang dilakukan di universitas Hasanuddin, Makasar, menemukan bahwa pemberian 2 Kg ikan gabus dimasak setiap hari dan diberikan kepada pasien pasca operasi akan meningkatkan albumin mereka menjadi normal.

Ikan gabus sangat kaya akan albumin, salah satu protein penting bagi tubuh manusia. Albumin diperlukan tubuh manusia, terutama dalam proses penyembuhan luka-luka. Kekurangan albumin dalam tubuh manusia (hypoalbumin) menyebabkan nutrisi tidak bisa diedarkan dengan baik ke seluruh tubuh.

Berikut manfaat ikan gabus bagi kesehatan tubuh :

1. Pembentukan dan pertumbuhan otot
Ikan gabus mengandung protein yang lebih tinggi dibanding kadar protein yang terdapat pada ikan lele maupun ikan emas atau nila.

Dari 100 gram ikan gabus anda dapat memperoleh 25,2 gram protein. Coba anda bandingkan dengan kadar protein untuk per 100 gramnya yang terdapat pada ayam yang hanya 18,2 gram, pada daging sapi hanya 18,8 gram, maupun telur yang hanya 12,8 gram.

Kandungan protein yang tinggi akan menguntungkan Anda sebab akan banyak membantu dalam proses pembentukan otot pada tubuh anda.

2. Mempercepat pertumbuhan luka
Daging ikan gabus banyak mengandung kadar albumin yang sangat tinggi. Albumin adalah salah satu jenis protein yang sangat penting dalam proses penyembuhan luka pada tubuh anda.

3. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
Zat albumin juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Jika kondisi cairan dalam tubuh berkurang maka protein yang masuk kedalam tubuh akan pecah sehingga tidak dapat berfungsi secara normal, kandungan normal albumin dalam tubuh mencapai 60%.

4. Memperbaiki gizi buruk
Manfaat ikan gabus juga dapat memperbaiki gizi buruk yang banyak dialami bayi, balita, anak maupun ibu hamil.

5. Sehat untuk pencernaan
Ikan gabus mempunyai tekstur daging yang lebih empuk, sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkan pencernaan. Hal ini karena ikan gabus memiliki protein kolagen yang lebih rendah dibandingkan kadar protein yang terkandung pada daging.
Ikan gabus hanya memiliki 3% hingga 5% dari total kandungan protein kolagen.
×
Berita Terbaru Update