Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Manfaat Susu Soya Bagi Si Kecil Yang Alergi Susu Sapi

Kamis, 30 Juli 2020 | 2:25:00 PM WIB Last Updated 2020-07-30T06:43:38Z





Koranelektronik.com – saat menyadari anak menunjukan gejala alergi susu sapi, orang tua biasanya khawatir akan dampaknya terhadap tumbuh kembang si kecil. Selain itu, anak dengan alergi susu sapi memeliki sisitem daya tahan tubuh yang unik dan lebih sensitif dibandingkan anak lainnya. Padahal, di masa pandemi seperti sekarang harusnya di perhatikan dan dijaga kesehatannya.

Setiap anak dapat memiliki gejala alergi susu sapi yang berbeda-beda, mulai dari gejala ringan hingga berat dan harus segera mendapatkan penangan yang tepat.

Gejala alergi susu sapi biasanya akan langsung muncul sesaat setelah si kecil minum susu sapi. Mulai dari ruam kemerahan di kulit, bengkak di beberapa bagian tubuh seperti mata atau bibir, diare atau sakit perut, hingga menyebabkan anak batuk atau bersin yang terus menerus dan ritme napas meningkat.

Jika gejala tidak kunjung resa, inilah saatnya orangtua untuk berkonsultasi ke dokter. Barulah setelah itu orangtua bisa mendapatkan diagonosis dan solusi yang tepat untuk mengendalikan gejala alergi sesuai dengan saran yang diberikan dokter.

Memberikan Alternatif Nutrisi Tepat Untuk Anak Yang Alergi Susu Sapi
Ada 3 jenis alternatif nutrisi yang bisa diberikan pada anak yang alergi susu sapi. Untuk anak dengan gejala alergi berat, anda dapat memberikannya formula asam amino.

Sementara untuk alergi yang ringan, anda bisa memberikan formula terhidrolisa atau formula soya. Pastikan orang tua berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk menentukan alternatif nutrisi yang tepat.

Manfaat Pemberian Susu Soya Untuk Anak Yang Alergi Susu Sapi
Susu soya merupakan pilihan terbaik bagi anak yang alergi susu sapi, yang biasa terkandung dalam susu formula. Meskipun susu ini tidak boleh dikonsumsi bagi anak di bawah usia 6 bulan, susu soya dapat dijadikan sebagian sumber nutrisi yang di butuhkan anak berusia 1-3 tahum. Selain rasanya yang tidak kalah nikmat dengan susu sapi, susu soya memiliki segudang manfaat baik bagi tubuh. Berikut manfaat susu soya bagi anak :
1 Mengatasi Masalah Intoleransi Laktosa
Merupakan manfaat susu soya yang utama. Ibu tidak perlu bingung jika si kecil mengidap alergi susu sapi, karena ibu dapat memberikannya 1-2 gelas susu soya per hari mencukupi 30% kebutuhan protein harian anak.

2 Pengganti Susu Sapi
Dapat dikonsumsi sebagai pengganti susu sapi atau minuman pendamping ASI. Manfaat susu soya juga dapat dirasakan oleh anak pengidap autisme. Kandungan protein pada susu sapi yang dikonsumsi oleh anak pengidap autisme akan menyebabkan pengidapnya menjadi lebih hiperaktif. Oleh sebab itu, susu sapi dapat di ganti dengan susu soya.

3 Mengurangi Kadar Lemak Jahat
Susu soya mengandung lemak tak jenuh, yang jika dikonsumsi secara rutin dapat mengurangi kadar lemak jahat dan meningkatkan kadar lemak baik dalam darah secara signifkan.

4 Baik Untuk Saluran Pencernaan
Susu soya mengandung tinggi serat yang baik bagi kesehatan saluran pencernaan. Kandungannya bekerja dengan mengurangi kandungan lemak dan kolestrol yang diserap oleh tubuh.

6 Baik Untuk Pertumbuhan Anak
Asam amino dalam susu soya sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Jika tubuh kekurangan asam amino, maka metabolisme tubuh yang berhubungan dengan proses pertumbuhan akan terlambat.

7 Mengurangi Risiko Diare
Karena kandungannya yang baik bagi tubuh, susu soya dapat memenuhi kebutuhan gizi harian anak. Dengan begitu anak akan terhindar dari risiko terserang penyakit-penyakit berbahaya, salah satunya adalah diare.

8 Mengandung Antioksidan
Susu soya mengandung senyawa yang disebut degan isoflavon. Isoflavon sendiri merupakan zat yang bertugas dalam mencegah kerusakan sel akibat polusi, sinar amatahari, atau sinar ultraviolet.

Aturan Memberi Susu Soya Pada Anak


Bila si kecil alergi terhadap laktosa atau susu formula yang terbuat dari susu sapi, memberikan susu soya merupakan salah satu alternatif. Namun, ibu tidak bisa sembarangan memberikan susu soya sembarangan memberikan susu soya pada si kecil. Ibu perlu mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Jika dokter sudah mengizinkan, disarankan untuk membeli susu soya yang terbuat dari kedelai utuh. Pasalnya, lemak sangat penting untuk perkembangan otak anak, khususnya mereka yang berusia di bawah 2 tahun. Ibu juga perlu memastikan jika susu soya yang dikonsumsi anak memiliki kandungan vitaminA, vitamin D, dan kalsium.


(Dyn/Ke)
×
Berita Terbaru Update