Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Pemotongan Hewan Kurban Wajib Pakai APD

Senin, 20 Juli 2020 | 12:58:00 PM WIB Last Updated 2020-07-20T04:58:54Z


ilustrasi hewan kurban




KoranElektronik.com- Idul Adha 1441 H tidak lama lagi di Banda Aceh akan mewajibkan bagi petugas pemotongan hewan kurban menggunakan APD lengkap guna mengikuti protokol kesehatan pencegahan penyebaran COVID-19 atau virus corona

Pemotongan hewan sesuai protokol kesehatan merujuk pada Surat Edaran Direktur Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI nomor 0008/SE/PK.320/F/06/2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Kurban dalam Situasi Wabah Bencana Non-alam COVID-19. Zulkifli mengatakan sebelum proses penyembelihan pihaknya melakukan penyemprotan menyeluruh di setiap kandang.
“Awal dari tahap memandu masuknya sapi sampai dengan tahap penyembelihan para pekerja dilengkapi dengan APD yang berupa baju sekali pakai, sarung tangan, masker, sepatu boot, masker. Selain itu perlengkapan penyembelihan pun sebelum dipakai akan di semprot terlebih dahulu” jelasnya.
Zulkifli pun menjelakan ingin menerapkan Protokol Kesehatan di Banda Aceh untuk mencegah penyebaran Covid-19. Proses penyembelihan pun di atur sehingga tidak terjadi kerumunan warga masyarakat.
Kepala Bidang Pertanian dan Peternakan DPPKP Kota Banda Aceh drh Zulfadhly mengatakan setiap hewan yang akan disembelih dilakukan pemeriksaan kesehatan maksimal 24 jam sebelum penyembelihan. Pemeriksaan dilakukan petugas yang ditunjuk.
"Prinsip pemeriksaan dengan pengamatan (inspeksi) dan Palpasi (perabaan) diantaranya gizi (normal/gemuk/kurus), kulit (mengkilat/tidak pucat), nafsu makan baik dan yang terpenting hewan tidak menunjukkan gejala sakit," jelasnya.
"Selain menjadi syarat sah, pemeriksaan hewan kurban dilaksanakan untuk menjamin kesehatan hewan kurban ketika nantinya akan dikonsumsi oleh masyarakat," sambungnya.

×
Berita Terbaru Update