Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Polda Metro Siapkan Sistem Contraflow-One Way Sebagai Antisipasi Mudik Idul Adha

Rabu, 29 Juli 2020 | 9:47:00 PM WIB Last Updated 2020-07-30T10:10:46Z




Koranelektronik.com - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya (PMJ) menyiapkan sejumlah skenario untuk menangani lalu lintas terkait  arus mudik Idul Adha. Ditlantas PMJ akan menerapkan sistem contraflow hingga memberlakukan one way jika terjadi kepadatan arus yang meninggalkan kawasan Ibu Kota.
"Tetapi kalau misalnya arus meninggalkan Jakarta menuju ke timur itu terjadi kepadatan, tidak mampu ditampung di elevated, atau di elevated ada trouble, karena di situ tidak ada jalan ke luar, ada trouble yang tidak bisa, kemudian ada kecelakaan yang mengakibatkan tertutupnya jalan tol elevated, maka skenario kedua kita akan coba nanti laksanakan contraflow," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, kepada wartawan di kantornya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (29/7/2020).
"Kala ternyata contraflow juga tidak bisa menolong, skenario terakhir tentu kita akan laksanakan one way," imbuhnya.
Sambodo menerangkan akan berkoordinasi dengan pihak Korlantas Polri terkait penerapan contraflow dan one way tersebut. Hal itu dilakukan, kata Sambodo, karena menyangkut pada wilayah perbatasan.

"Tapi tentu saja ini pasti akan kita koordinasikan dengan pihak Korlantas, karena contraflow dan one way pasti menyangkut perbatasan, apakah dengan Polda Jawa Barat kalau ke arah Bogor ke Karawang atau Polda Banten kalau ini ke arah Tangerang. Tapi intinya kita siap," tuturnya.
Sambodo mengatakan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak jasa marga untuk membuka-tutup rest area jika terjadi kepadatan. Hal itu untuk mengantisipasi adanya antrean yang membeludak di tengah situasi pandemi virus Corona (COVID-19).
"Dan kita juga sudah koordinasi dengan pihak Jasa Marga bahwa kami punya kewenangan untuk melaksanakan buka-tutup di rest area. Kalau misalnya ternyata antrean untuk mengisi bensin, beristirahat di area KM 19 membeludak sehingga menutup arus ke arah timur, tentu kita akan melaksanakan buka-tutup," kata Sambodo.
Sambodo menyebut pihaknya juga tak luput membuka-tutup akses parking bay yang berada di pinggir jalan sisi kiri. Dia berharap lalu lintas berlangsung lancar.
"Termasuk ada parking bay sebelah kiri jalan yang memang bisa saja itu mengganggu arus lalu lintas, kita akan melaksanakan buka-tutup untuk kemudian kita akan melancarkan arus, sehingga masyarakat yang akan melaksanakan mudik atau liburan Idul Adha tidak terganggu," ucap Sambodo.
Dalam menghadapi Idul Adha 1441 H, Ditlantas Polda Metro Jaya juga menyiapkan 28 pos pengamanan untuk kelancaran arus mudik. Pos pengamanan itu disebar di beberapa titik di Jakarta Raya.
Pos pengamanan ini akan dijaga petugas sejak Kamis (30/7) sampai Minggu (2/8) mendatang. Ditlantas Polda Metro Jaya akan mengerahkan 749 personel untuk pengamanan ini.
×
Berita Terbaru Update