Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Pungutan Liar !!! Keluhan Pengunjung Objek Wisata Kalipahit

Senin, 20 Juli 2020 | 2:50:00 PM WIB Last Updated 2020-07-20T06:50:09Z


objek wisata Kalipahit




KoranElektronik.com -  Objek wisata Kalipahit yang berada di kawasan Cagar Alam Ijen, banyak pengunjung mengeluhkan adanya pungutan liar, menurut keterangan pengunjung diminta bayaran yang berbeda-beda setiap orangnya dan tak ada bukti pembayaran/tiket dari penjaga.

"Saat masuk ke kawasan itu, saya bersama teman-teman dimintai biaya 5 ribu per orang," kata Bastiyar, seorang pengunjung dari Jember, kepada detikcom, Senin (20/7/2020).
“Ketika pengunjung menanyakan bukti pembayaran/tiket, orang tersebut malah bersikeras dan menantang berkelahi” ucap Bastiyar.
"Bukan nilai uangnya yang saya soalkan. Tapi kejelasan pungutan itu, memang resmi atau liar," pungkasnya.
Sama dengan yang disampaikan Agustin, pengunjung asal Surabaya. Dia yang saat itu mengajak 2 temannya dari Australia juga mengalami nasib yang sama. Dimintai uang untuk biaya masuk.
Bahkan ada beberapa pengunjung yang di mintain bayar hingga 150.000 sekali berkunjung
Terpisah, Kabid Pariwisata Disparpora Bondowoso, Arif Raharjo, yang dikonfirmasi tentang keluhan pengunjung itu mengaku tak tahu-menahu soal pungutan tersebut. Kendati oknum itu disebut berasal dari desa setempat.
"Waduh, kalau tentang itu di luar kewenangan kami. Karena Kalipahit itu kan di dalam kawasan CA Ijen," kata Arif Raharjo.
Sementara Kepala Bidang KSDA Wilayah III Jember, Setyo Utomo, mengaku akan langsung mengecek kebenaran kabar pungutan liar tersebut. Sebab, pihaknya sudah berkali-kali bertindak mengusir oknum itu.

×
Berita Terbaru Update