Iklan

Iklan

Ridwan Kamil Mengumukan Regulasi Denda Masker

Senin, 27 Juli 2020 | 11:09:00 PM WIB Last Updated 2020-07-27T15:09:47Z
Gubernur Jabar RIdwan Kamil (Foto: Yudha Maulana)


Koranelektronik.com – Penerapan denda bagi warga Jawa Barat mencapai titik temu. Pasalnya, Gurbernur Jabar Ridwan Kamil sudah menandatangani Perarturan Gurbernur (Pergub) tentang pelanggaran pelaksanaan PSSB dan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang isinya mengatur protokol kesehatan.

"Saya sudah tandatangani Pergub sanksi dan denda tidak pakai masker, sebagai upaya bisa melaksanakan kembali ekonomi tapi menjaga kewaspadaan," kata Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil di Jakarta, Senin (27/7/2020).

Ia menjelaskan, penggunaan masker sungguh krusial pada masa AKB. Saat kegiatan ekonomi dibuka bertahap dan masyarakat mulai beraktivitas, pemakaian masker bisa menekan resiko penularan Covid-19 di ruang publik.

Selanjutnya, pemberlakuan sanksi itu bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di ruang publik. Karena kedisiplinan masyarakat sungguh penting dalam pencegahan penularan Corona.

"Kalau ekonomi mau jalan kembali, warga dan kita semua disiplin (terapkan protokol kesehatan) untuk mengurangi penyebaran virus. Itu yang kita tegakkan," ucapnya.

Di lain sisi, Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar Daud Achmad menyebutkan, Kang Emil akan mengumumkan Pergub itu besok, Selasa (28/7).

"Regulasi sudah selesai hari ini. Namun, karena kegiatan Pak Gubernur hari ini padat dan sedang berada di Jakarta, pengumuman ditunda menjadi besok," pungkasnya.

Sebelumnya, beberapa daerah di Jawa Barat seperti Kota Bandung, Cianjur, Kota Cirebon, dan Sumedang belum menerapkan sanksi denda bagi warga yang tak menggunakan masker di area publik.

Hingga hari ini, sanksi yang diberikan pada masyarakat rata-rata masih berupa sanksi sosial seperti yang dilakukan oleh Satpol PP Cianjur dengan memberikan sanksi kepada belasan warga yang tak mengenakan masker untuk membersihkan kawasan Alun-alun Cianjur.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ridwan Kamil Mengumukan Regulasi Denda Masker

Trending Now

Iklan