Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Satelit Mendeteksi 8 Jet China di Kepulauan Paracel, Laut China Selatan

Selasa, 21 Juli 2020 | 3:40:00 PM WIB Last Updated 2020-07-21T07:40:30Z


Jet tempur China Flanker J-11B. (AFP/STR)


Koranelektronik.com – Delapan jet tempur China terlihat terparkir di pangkalan militer utama Negeri Tirai Bambu yang berada di Pulau Kepuluan Paracel, Laut China Selatan yang disengketakan.

Beberapa gambar dari satelit memperlihatkan jet-jet itu terdiri dari jet Flanker J-11 yang mirip dengan jet F-15 Amerika Serikat, selain itu empat pesawat lainnya terlihat seperti jet pengebom anti-rudal kapal JH-7.

Semua jet itu terlihat sedang parkir di landasan militer China di Pulau Woody.

Dilansir dari Radio Free Asia, beberapa pengamat menyebut pengerahan pesawat tersebut yang terbanyak yang pernah dilakukan China ke wilayah Laut China Selatan.

Pulau Woody merupakan pangkalan serta instalasi militer terbesar China di Kepuluan Paracel yang disengketan Vietnam dan Taiwan.

Jet-jet militer China ini dilaporkan berada di Pulau Woody sejak Negara China melakukan latihan militer di wilayah itu pada 1-5 Juli lalu.

Forbes sebelumnya sudah melaporkan empat pesawat J-11B China terlihat di Pulau Woody pada Rabu pekan lalu. Tetapi, citra satelit menunjukkan beberapa pesawat tersebut sempat bergerak dan kembali lagi ke pangkalan itu bersama empat jet tempur lainnya.

Beberapa pihak menyebutkan itu peningkatan militerisasi pemerintahan Presiden Xi Jinping terhadap fitur-fitur yang diklaim sepihak oleh China di Laut China Selatan.

Pengerahan delapan jet tempur ini juga tampak dilakukan China menyusul dua kapal induk AS yang kembali menggelar latihan perang di Laut China Selatan baru-baru ini.

Ini adalah kedua kali dalam bulan Juli kapal Angkatan Laut AS dikerahkan ke perairan yang disengketakan tersebut.

Kapal induk USS Ronald dan USS Nimitz yang mengangkut lebih dari 12.000 personel militer telah beroperasi Laut China Selatan, Jumat (17/7). Mereka turut dikawal oleh kapal penjelajah dan kapal perusak.

Armada Pasifik AS melaporkan kedua kapal induk yang menampung lebih dari 120 pesawat tersebut sedang melakukan latihan pertahanan udara taktis untuk kesiapsiagaan perang.
×
Berita Terbaru Update