Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Shalat Idul Adha, Warga Gowa Jaga Jarak-Pakai Masker Di Lapangan Syekh Yusuf.

Jumat, 31 Juli 2020 | 11:25:00 AM WIB Last Updated 2020-07-31T03:25:26Z


Jemaah di Gowa saat melakukan shalat ID

KoranElektronik.com - Merayakan Hari Raya Idul Adha di masa pandemi covid-19 seperti ini sangatlah berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya, di mana kita yang sebelumnya merayakannya dengan penuh kebersamaan dan kedekatan, saling sillahturami dengan kerabat, namun sekarang kita harus menjaga jarak dan selalu waspada.

Dilansir dari detik.com, sekitar 3.000 warga melaksanakan shalat idul adha, pelaksanaan shalat idul adha dilakukan dengan protokol kesehatan yang dilaksanakan di Lapangan Syekh Yusuf Discovery, Gowa, Sulawesi Selatan (sulsel).

Shalat idul adha yang digelar di ruangan terbuka (RTH) tersebut dihadiri Mentri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan juga Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, Jumat (31/7/2020).

Terlihat para jemaah memadati area Lapangan hungga meluas ke pelataran Masjid Agung Syekh Yusuf yang berada di samping lapangan. Selain itu, ada pula jemaah yang shalat di badan jalan usai lapangan dan pelantaran masjid sudah penuh.

Terkait pelaksanaan shalat idul adha hari ini, Bupati Gowa, Adhan mengatakan pelaksanaannya dilakukan atas dasar keinginan besar dari warga sehingga Pemkab Gowa memfasilitasi untuk bisa dilaksanakan shalat ID tapi dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ada.

Salah satu protokol kesehatan yang diterapkan adalah shalat di ruang terbuka, selain pakai masker serta jaga jarak. Shalat di ruang terbuka, disebut Adhan mengurangi potenti penyebaran Corona.

"Alhamdulillah hari ini kebijakan Pemerintah Kabupaten Gowa, pelaksanaan shalat idul adha dilaksanakan di ruang terbuka. Kenapa di ruang terbuka, karena tentu hasil penelitian yang ada kalau kita menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak, lalu kemudian dia berada di ruang terbuka, maka resiko penularannya hanya 1,5 persen,'' jelas Adnan.

"Oleh karena itu, imbauan Pemerintah Kabupaten Gowa kepada seluruh masyarakat adalah melaksanakan shalat idul adha di ruang terbuka, memprioritaskan di ruang terbuka, tidak melaksanakan di ruang tertutup,'' Terang Adnan.

×
Berita Terbaru Update