Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Solusi Mengatasi Bau Mulut Saat Memakai Masker

Jumat, 24 Juli 2020 | 7:41:00 PM WIB Last Updated 2020-07-24T11:41:59Z





Koranelektronik.com – menutup mulut menggunakan masker memang sebuah kewajiban di masa pandemi ini, akan tetapi waspada juga efek samping yang tidak menyenangkan teruta bau mulut.

Lalu, apa penyebab bau mulut saat memakai masker ?
Masker sebenarnya tidak membuat kita mengalami bau mulut, akan tetapi masker membuat kita lebih sadar bahwa kita memiliki bau mulut.

Dengan kata lain, bahwa selama ini kita sudah memiliki bau mulut tapi tidak menyadarinya.
Bau mulut sebenarnya hal yang banyak dialami masyarakat.  Bau mulut dapat diakibatkan karena di dalam mulut kita sudah di penuhi bakteri, ditambah lagi sisa-sisa makanan yang kita makan terselip di antara gigi kita, di bawah gusi, dibelakang lidah, dan di dalam sinus kita.
Koh Chu Guan, seorang konsultan senior kedokteran gigi mengatakan bahwa udara lembab penuh bakteri di hasilkan ketika bernafas, terutama melalui mulut kitam dan terperangkap dalam masker kita. Ketika mengering, berpotensi meninggalkan bau pada kain.
Untuk jenis kain teretentu dapat membuat aroma tidak bertahan lama karena tekstur kain yang tipis dn berongga, tetapi itu tidak berarti bahwa pemakainya tidak memiliki bau mulut. Mereka yang kurang menyadarinya.

Cara Untuk Mengurangi Bau Mulut
ingin menghilangkan bau mulut saat memakai masker? Selain menghindari makanan yang menyengat, berikut ini yang bisa kamu lakukan.

1. Bernafas lebih sedikit melalui mulut
Kita mungkin secara tidak sadar menggunakan mulut untuk bernafas lebih  banyak ketika mengenakan masker karena hidung yang tertutup. Ini juga terjadi jika hidung tersumbat. Mulut menjadi kering yang membuat napas lebih berbau busuk.
 
2. Bicara Lebih Sedikit dan Minum Lebih Banyak Air
berbicara dapat membuat mulut kering, karena liur lebih sedikit tersisa di mulut.
Cara lain untuk mengatasi masalah mulut kering adalah dengan minum air lebih banyak dan menjjaga mulut tetap terhidrasi.

3. Perhatikan Pola Makan
Konsumsi lah makanan yang berbau menyengat, karena dari makanan yang kita konsumsi juga bisa menjadi penyebab bau mukut. Ini termasuk karbohidrat diet rendah atau tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali serta diet tinggi protein.

4. Bersihkan Lidah dan Seluruh Mulut
Kebersihan mulut dasar sangat penting untuk memiliki nafas yang segar dan tidak berbau. Selain menyikat gigi, kamu juga harus membersihkan gigi secara teratur.
Membersihkan lidah juga dapat mengurangi bau tak sedap, karena sebagian besar bau mulut berasal dari lidah karena bakteri bakteri bersarang di lidah, terutama bagian belakanag.

5. Makan Permen Mint Untuk Menutupi Bau Mulut
Ini mungkin solusi yang paling mudah. Siapkan sekotak permen yang selalu berguna untuk menyegarkan napas setiap kali mulut mulai tercium bau.



(Dyn/Ke)
×
Berita Terbaru Update