Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Tips Menyimpan Cabai Agar Tahan Lama dan Tidak Cepat Busuk

Rabu, 22 Juli 2020 | 12:06:00 PM WIB Last Updated 2020-07-22T04:06:47Z



Ilustrasi Cabai
Koranelektronik.com, -Bagi pecinta cabai sudah pasti merasakan hal yang kurang jika makan tanpa cabai. Makanan kurang nikmat tanpa adanya cabai. Sebagian orang masih keliru dalam hal penyimpanan cabai yang membuat cabai cepat busuk.

Banyak orang menyimpan cabai dalam kulkas agar lebih awet, namun jika terlalu lama diletakkan dalam kulkas, cabai bisa berubah bentuk, mudah kering bahkan cepat busuk. Suhu kulkas yang dingin yang membuat cabai cepat kering, apalagi jika dibiarkan terbuka.

Agar cabai tidak cepat busuk dan tahan lama sangat mudah diterapkan. Kalian hanya perlu menyiapkan wadah terlebih dahulu sebelum menyimpan. Selain itu juga ada beberapa langkah-langkah menyimpan cabai merah maupun cabai rawit bisa lebih awet.

Cara Menyimpan Cabai

Ilustrasi cabai merah

Cabut tangkai cabai

Kesegaran cabai pada saat kalian membelinya sangat perlu diperhatian. Kesegaran dari awal pembelian membuat cabai terjada lebih lama jika dari awal tidak ada cacat atau bonyok.
Ketik cabai dipastikan merupakan cabai yang berkualitas dan masih mulus, kalian pisahkan cabai dengan tangkainya, hal ini penting dilakukan agar cabai tahan lama saat disimpan.

Cabai tidak perlu dicuci

Cabai yang baru dibeli sebaiknya tidak perlu di cuci. Kalian cukup mengelap cabai hingga bersih, bisa gunakan tissue kering sebelum disimpan. Ketika kalian ingin menggunakannya, barulah kamu mencucinya dengan air bersih.

Simpan dalam wadah tertutup

Ketika ingin menyimpan cabai, pastikan menyediakan wadah tertutup, sebelum memasukan cabai ke wadah tertutup, kalian perlu memberi alas tisu di bagian bawah dan sekeliling bagian dalam.
Hal ini membuat cabai tahan lama, jika tissue sudah agak basah, kalian perlu mengganti dengan tissue baru yang masih kering.

Masukkan satu siung bawang putih

Bawang putih membantu proses lambat pembusukan cabai, dengan cara masukan satu siung bawang putih yang sudah dikupas di atas cabai. Dengan meletakkan bawang putih yang sudah dikupas dalam tumpukan cabai dapat mmbuat cabai awet, karena bawang putih memiliki sifat anti bakteri.

Tutup wadah hingga rapat

Setelah memasukkan satu siung bawang putih, langsung tutup wadah dengan rapat.
Hal ini sangat penting saat kalian memasukkan ke dalam kulkas wadah yang berisi cabai tersebut tertutup rapat.

Masukkan dalam kulkas

Setelah persiapan yang telah di uraikan di atas sudah siap, kalian tinggal letakkan di kulkas, namun perlu diperhatikan kalian tidak perlu memasukan kedalam freezer, cukup masukan di rak tengah kulkas tempat biasa menyimpan sayuran dan buah. Jika disimpan di freezer akan membuat cabai berair dan cepat busuk.


Kira-kira begitulah cara menyimpan cabai agar tidak cepat busuk dan tahan lama. Walaupun menyimpan dikulkas, kalian harus perhatikan secara berkala cabai tersebut agar bisa bertahan lama saat disimpan.
×
Berita Terbaru Update