Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Yuk, Intip Resep Jajanan Tradisonal “KLEPON”

Rabu, 22 Juli 2020 | 6:32:00 AM WIB Last Updated 2020-07-21T22:35:19Z


Klepon Jajanan Tradisonal
KoranElektronik.com- Klepon atau kelepon adalah sejenis makanan tradisional atau kue tradisional Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Makanan enak ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih. Tidak membutuhakan waktu yang lama untuk menyajikannya, yuk intip cara membuatnya

Bahan klepon:
200 gram tepung ketan putih 25 gram tepung sagu 1 sendok teh air kapur sirih 175 ml santan hangat (dari 1/4 butir kelapa) 25 ml air suji (dari 10 lembar daun suji dan 1 lembar daun pandan) 80 gram gula merah, cacah halus untuk isian 

Bahan Taburan: 150 gram kelapa parut kasar 2 lembar daun pandan 1/4 sendok teh garam

Cara membuat klepon:
1. Olah dahulu taburan kelapa, dengan cara mencampur bahan dengan rata kemudian kukus di atas api sedang selama 20 menit sampai matang.
 2. Sambil menunggu taburan kelapa matang, buatlah klepon dengan cara mencampir tepung ketan, tepung sagu, dan air kapur sirih.
3. Masukkan santan hangat sedikit demi sedikit, kemudian masukkan air daun suji sedikit dan aduk sampai adonan kalis.
4. Jika adonan sudah kalis, ambil sedikit kemudian pipihkan. Taruh cacahan gula merah dan gulung adonan agar bulat.
5. Rebus adonan yang sudah dibentuk dalam air panas mendidih. Jika sudah terapung artinya kue sudah matang. Angkat dan sisihkan.
6. Gilingkan kue yang masih hangat di taburan kelapa. Klepon siap dinikmati.

×
Berita Terbaru Update