Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

10 Obat Jerawat yang Dapat Membuat Wajah Bersih dan Mulus

Senin, 10 Agustus 2020 | 7:25:00 PM WIB Last Updated 2020-08-10T11:25:38Z


Bahan-bahan ini bisa jadi obat jerawat alami. (Foto: Shutterstock/tss)

Koranelektronik.com - Obat jerawat biasanya akan diberikan dokter jika seseorang mengalami masalah jerawat yang cukup parah. Penggunaan obat jerawat tersebut tak bisa sembarangan, harus dari konsultasi dokter sebab kemungkinan dapat menimbulkan efek samping.

Bagi Anda yang memiliki jerawat yang tak terlalu buruk, terdapat beberapa bahan alami yang kemungkinan dapat membantu sebagai obat jerawat.

Berikut 10 obat jerawat dari bahan-bahan alami yang dikutip dari berbagai sumber :

1. Cuka apel

Cuka apel memiliki sifat asam yang dapat berperan sebagai pembersih kulit dan antiseptik alami. Oleskan cuka apel yang telah dicampur dengan air ke bagian kulit yang berjerawat menggunakan kapas bersih, tunggu sekitar 5-15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Setelah itu oleskan pelembab pada kulit wajah agar tak kering.

Gunakan cuka apel 1-3 kali dalam seminggu sebagai obat jerawat. Hentikan pemakaian jika terjadi iritasi.

2. Belerang 

Menggunakan masker yang memiliki kandungan belerang bisa membantu mengatasi jerawat yang disebabkan penumpukan sel kulit mati dan minyak yang berlebihan pada kulit wajah. Belerang bekerja dengan cara mengikis kulit dan menyerap minyak yang ada di kulit wajah.

Perlu diketahui obat jerawat ini tak cocok bagi yang memiliki kulit kering.

3. Teh hijau

Menurut studi yang dipublikasi di Journal of Investigative Dermatology, kandungan antioksidan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) pada teh hijau bisa membantu mengurangi minyak berlebihan pada kulit wajah. Selain itu kandungan antioksidan EGCG juga disebut dapat membantu mengatasi peradangan pada kulit wajah yang berjerawat.

Cara penggunaannya cukup dengan merebus daun teh hijau lalu gunakan airnya pada kulit dengan menggunakan kapas. Setelah itu biarkan mengering lalu basuh dengan air bersih.

4. Lidah buaya

Biasanya jerawat pada kulit wajah timbul karena masalah peradangan yang disebabkan kulit yang terlalu kering, jadi pada masalah ini maka tumbuhan lidah buaya dapat menjadi obat jerawat alami. Alasannya karena lidah buaya menghasilkan jel yang dapat menjadi pelembab alami.

Oleskan daging tumbuhan lidah buaya pada kulit wajah yang kering secara teratur 1-2 kali sehari.

5. Madu

Madu adalah bahan alami yang sejak dulu digunakan untuk mengobati luka pada kulit sebab bersifat antimikrobanya. Madu juga mengandung antioksidan yang dapat meredakan peradangan pada kulit wajah.

Madu dapat digunakan sebagai obat jerawat dengan dijadikan masker dan di campuri oleh bahan-bahan alami lainnya.

6. Kamomil

Bunga kamomil juga dapat digunakan sebagai obat jerawat alami sama seperti teh hijau. Disebabkan kamomil juga mengandung antiradang yang bisa membantu mengendalikan kemunculan jerawat.

Cara penggunaannya sama dengan teh hijau, rebus kamomil lalu gunakan airnya dengan kapas yang bersih pada kulit wajah. Setelah kering lalu bilas dengan air bersih.

7. Hindari makanan berlemak

Dari sekian banyak obat jerawat yang telah digunakan, cara terbaik mengatasi jerawat adalah dengan cara mencegahnya. Gaya hidup yang tinggi mengkonsumsi lemak dijelaskan ahli dapat berkontribusi terhadap timbulnya jerawat.

8. Olahraga

Rutin berolahraga merupakan cara terbaik untuk mencegah timbulnya jerawat. Karena dengan rutin berolahraga  dapat membantu melancarkan peredaran darah yang memberikan nutrisi pada sel-sel kulit.

Selain itu olahraga juga dapat membantu meregulasi hormon serta mengurangi stres yang berdampak pada kemunculan jerawat.

9. Suplemen seng (zinc)

Studi yang dipublikasi di Jurnal Cutaneous and Ocular Toxicology 2014 menemukan orang yang rata-rata mempunyai masalah jerawat memiliki tingkat seng (zinc) lebih rendah dari orang yang memiliki kulit cerah. Studi lain di Jurnal Dermatologic Therapy 2010 melihat 48 pasien mengalami pengurangan 80-100 persen masalah jerawat usai diberi suplemen yang mengandung zinc 3 kali sehari.

Perlu diketahui peneliti tak melihat manfaat zinc jika diaplikasikan pada kulit. Konsumsi zinc yang berlebihan juga berisiko munculnya masalah nyeri perut dan iritasi pada saluran pencernaan.

10. Suplemen minyak ikan

Asam lemak omega-3 yang terkadung didalam minyak ikan memiliki banyak manfaat. Menurut dua studi yang dipublikasi di Internasional Journal of Dermatology dan The American Joual of Clinical Nutrition, asam lemak omega-3 dapat membantu tubuh mengendalikan produksi minyak.

Asam lemak omega-3 juga bisa membantu tubuh untuk melawan peradangan.

Penelitin melihat 45 pasien yang diberi suplemen asam lemak omega-3 dapat mengalami pengurangan masalah jerawat yang signifikan.
×
Berita Terbaru Update