Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

4 Cara Supaya Tubuh Merasa Segar Walaupun Begadang Semalaman

Rabu, 05 Agustus 2020 | 8:59:00 AM WIB Last Updated 2020-08-05T01:00:34Z


Tips tetap segar meski habis begadang (Foto: iStock)

Koranelektronik.com - Begadang membuat tubuh menjadi lemas, pusing, dan pegal-pegal. Dan lagi, perjuangan untuh menahan ngantuk untuk menjalani aktivitas di pagi hari.

Mungkin Anda sudah tahu resiko dari begadang, namun dalam kondisi tertentu Anda diharuskan untuk begadang. Menyelesaikan deadline pekerjaan misalnya.

Jika dirasa Anda harus begadang, Berikut 4 cara agar tubuh tetap segar seperti yang dikutip dari Webmd :

1. Tidur

Pada dasarnya, cara mengatasi rasa ngantuk adalah tidur. Tak ada salahnya di waktu kosong aktivitas, Anda bisa menyempatkan untuk tidur sebentar selama 10 menit.

Tidur sebentar dipercaya bisa menyegarkan dan memberi energi pada tubuh. Justru, jika Anda tidur terlalu lama tubuh akan merasakan sakit.

David Dinges, PhD, pakar tidur dan kronobiologi di University of Pennsylvania menjelaskan ketika tidur 40 atau 45 menit nantinya saat bangun akan merasa pusing.

Hal ini disebut inersia tidur, yakni kondisi di mana sedang tertidur nyenyak tetapi Anda harus bangun.

2. Minum kopi

Kopi dipercaya bisa menghilangkan rasa ngantuk. Dibutuhkan 15-30 menit untuk merasakan efeknya yakni tetap terjaga selama 3-4 jam.

3. Nyalakan lampu

Pada umumnya, saat seseorang merasa lelah, sering kali menghindari cahaya terang dan sengaja mematikan lampu untuk beristirahat.

Jam tubuh manusia selaras dengan siklus kegelapan dan cahaya. Maka dari itu, cahaya terang dapat membuat seseorang tetap terjaga.

4. Gerakkan tubuh

Berjalan dengan cepat atau berolahraga dapat membuat darah bergerak. Selain itu, olahraga mampu meningkatkan kekuatan otak.

"Jika Anda menggerakan tubuh, ada umpan balik otomatis dari otot-otot Anda yang mengarah ke mekanisme sentral otak untuk meningkatkan kewaspadaan," jelas Sharon Keenan, PhD, pendiri dan direktur School of Sleep Medicine dari Stanford University Center of Excellence for Diagnosis dan Pengobatan Gangguan Tidur.

Walaupun dapat diatasi, bergadang terlalu sering memiliki efek buruk bagi kesehatan tubuh Anda.

Peneliti Universitas Chicago, dikutip dari Newsmedical mengkonfirmasi begadang secara berturut-turut dapat mengalami peningkatan tekanan darah, peningkatan hormon stres, dan penurunan kadar antibodi.
×
Berita Terbaru Update