Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

5 Cara Agar Kamu Bisa Berhenti Ngorok Saat Tidur

Sabtu, 15 Agustus 2020 | 10:34:00 PM WIB Last Updated 2020-08-15T14:34:03Z


5 cara agar berhenti ngorok ketika tidur. (Foto: ilustrasi: shutterstock)

Koranelektronik.com - Saat seseorang tertidur , lidah, mulut, tenggorokan, dan saluran udara menjadi rileks. Oleh sebab itu, saluran pernapasan yang rileks tersebut dapat bergetar menimbulkan suara dengkuran atau ngorok.

Mendengkur disebabkan juga dengan gaya hidup seseorang, seperti merokok, konsumsi alkohol, dan kelebihan berat badan. Faktor lainnya dapat disebabkan gangguan tidur, seperti sleep apnea, atau posisi tidur, contohnya terlentang.

Mendengkur atau ngorok adalah masalah tidur normal yang dapat ditangani sendiri. Akan tetapi jika mendengkur dengan kesulitan bernapas, sakit kepala di pagi hari, bagun dengan keadaan tenggorokan atau mulut kering, hingga mengalami tersedak saat tidur, maka Anda harus konsultasi ke dokter.

Berikut ini 5 cara berhenti mendengkur yang bisa kamu lakukan di rumah, seperti yang dikutip dari Medical News Today:

1. Mengatur posisi tidur di satu sisi

Seseorang lebih mungkin mendengkur saat mereka tidur telentang dikarenakan bisa menyebabkan lidah bergerak ke belakang tenggorokan. Hal tersebut membuat pernapasan menjadi lebih sulit, sehingga menyebabkan getaran mendengkur.

Tidur di satu sisi memungkinkan udara mengalir lebih lancar, sehingga mengurangi getaran. Cara ini bisa mengecilkan, bahkan menghentikan suara dengkuran.

2. Berhenti merokok

Berhenti merokok bisa menjadi salah satu upaya agar mengurangi dengkuran, bahkan dapat menghilankannya.

Dikarena merokok bisa mengiritasi saluran udara, yang memperburuk dengkuran.

3. Menambah bantal kepala

Menambah bantal kepala bisa membuat posisi kepala Anda lebih tinggi. Hal ini bisa membantu membuka saluran udara, yang dapat mengurangi dengkuran atau menghilangkannya.

4. Menurunkan berat badan

Orang yang berbadan besar lebih cenderung mendengkur. Jaringan lemak dan otot yang buruk, terutama disekitar tenggorokan, sangat tinggi menyebabkan mendengkur.

Makanlah dengan kalori yang terkontrol, melakukan diet sehat, dan olahraga teratur merupakan cara terbaik untuk menurunkan berat badan.

5. Tidak mengkonsumsi alkohol sebelum tidur

Mengkonsumi alkohol yang banyak bisa melemaskan otot tenggorokan. Ketika otot-otot menjadi rileks, mereka lebih cenderung mendengkur.

Hindarilah konsumsi alkohol sebelum tidur dapat menghindari atau menghentikan mendengkur.
×
Berita Terbaru Update