Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

5 Cara Mudah Untuk Berlatih Mencintai Diri Sendiri Setiap Hari

Jumat, 28 Agustus 2020 | 7:02:00 PM WIB Last Updated 2020-08-28T11:02:09Z


Ilustrasi Bahagia (Foto: Google)
Koranelektronik.com, Mencintai diri sendiri itu penting. Mempraktikkan proses mencintai diri sendiri bukanlah perkara yang mudah. Banyak kegagalan membuat semakin sulit untuk belajar mencintai diri sendiri.

Wujud cintai diri juga pada kemampuan dalam merawat diri baik fisik, maupun mental dengan baik.Begitu pula dengan mengembangkan potensi dan wawasan kita dengan pengetahuan.

Psikolog dan CEO dari Analisa Personality Development Center Indonesia, Analisa Widyaningrum, dalam akun YouTube-nya memberikan tips sederhana yang bisa diterapkan untuk mencintai diri. 

Berikut simak rangkumannya

1. Pilih Asupan Yang Terbaik Bagi Tubuh

Mencintai diri sendiri bisa dimulai dengan sederhana yaitu memberikan asupan gizi dan nutrisi seimbang untuk tubuh. Jika kita mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi terbukti dapat mempengaruhi emosi dan suasana hati kita.

Memiliki tubuh sehat dan pikiran positif perlu didukung dengan asupan yang sehat. Tidak harus makanan yang mahal atau mewah, tapi pilihlah makanan yang memang berdampak bagi kesehatan kita.

2. Olahraga Teratur


Selain makan makanan sehat bergizi, tubuh juga perlu dilatih dengan olahraga agar tetap bugar. Olahraga dapat meningkatkan mood positif selama sehari. 
Ketika olahraga kita menyimpan oksigen ke dalam tubuh, hal ini yang dapat meningkatkan hormon oksitosin sehingga insting sosial atau keinginan diri untuk berinteraksi dengan orang lainpun meningkat.

3. Selalu Tanamkan Sikap Bersyukur

Ingat kembali berkah apa saja yang telah diperoleh hari ini. Syukuri apa yang terjadi hingga kini. 
Jangan lupa bersyukur pula atas kejadian buruk yang menimpa, anggaplah kejadian itu sebagai pelajaran yang dapat kita ambil untuk menjadi pribadi yang lebih baik untuk kedepannya.

4. Belajar Hal Baru Setiap Hari

Hal apapun itu yang bisa meningkatkan kapasitas diri, maka lakukanlah selagi bisa. Mulailah dari hal-hal yang dari disukai.

Anda bisa mencoba belajar memasak, menjahit, main bola, atau belajar bahasa asing bisa menjadi cara untuk mengembangkan potensi diri.

Hal-hal tersebut salah satu cara penting yang menandakan rasa cinta akan diri sendiri.

5. Hentikan Penggunaan Gawai 30-60 menit Sebelum Tidur

Studi telah membuktikan, mulailah untuk menghentikan aktivitas dengan gawai kesayangan sebelum tidur. Hal ini akan membuat kualitas tidur menjadi jauh lebih baik.

Yuk, mulai praktikan cara diatas dan buktikan dampaknya untuk diri sendiri.

Bagaimana kita dapat memahami diri sendiri dan bisa diukur dengan melihat kualitas relasi kita terhadap orang sekitar. Jika semakin baik, maka inilah tanda bahwa sudah mencintai dan merawat diri sendiri dengan baik.
×
Berita Terbaru Update