Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

7 Efek Samping jika Menggunakan Hand Sanitizer Berlebihan

Senin, 03 Agustus 2020 | 8:03:00 PM WIB Last Updated 2020-08-03T12:03:53Z


Ilustrasi penggunaan hand sanitizer

KoranElektronik.com - Meskipun Hand Sanitizer di anjurkan sebagai penangkal virus, namun jika digunakan secara berlebihan akan menimbulkan efek samping.

Hand sanitizer memanbg sangat praktis dan efisien, sebab mudah dibawa dan pengguaannya pun sangat praktis dibandingkan mencuci tangan menggunakan sabun, padahal beberapa penelitian membuktikan bahwa mencuci tangan dengan sabun jauh lebih efektif dari pada menggunakan hand sanitizer.

Resiko kesehatannya pun jauh lebih kecil dibandingkan hand sanitizer yang mengandung alkohol dalam jumlah banyak.

Dilansir dari theAsianparent.com, berikut efek samping yang mengancam kesehatan jika penggunaannya secara berlebihan :

1. Kulit Kering

Hand sanitizer mengandung kadar alkohol yang cukup tinggi, yaitu di atas 60 persen, tingginya kadar alkohol ini dimaksudkan untuk membunuh kuman dan virus secara efektif.

Akan tetapi, dengan kadar alkohol yang tinggi ini menyebabkan resiko kulit kehilangan kelembapan alaminya. Akibatnya, kulit akan terasa kering dan perih jika pemakaiannya secara berlebihan.

2. Dermatitis

Penggunaan hand sanitizer bisa membunuh bakteri baik yang ada di kulit dan memicu terjadinya masalah kulit, salah satunya adalah dermatitis tangan. Gejala seperti sensasi terbakar dan kulit mengelupas juga sering terjadi akibat memakai hand sanitizer secara berlebihan.

Jika anda memiliki riwayat eksim, sebaiknya segera gunakan pelembap atau krim tangan segera setelah menggunakan hand sanitizer.

3. Iritasi

Menurut dr. Nenden SpKK, seperti dilansir dari Viva, alkohol akan menyebabkan kulit menjadi crack atau terbelah. Lalu, pH kulit juga akan berubah sehingga bakteri bisa masuk ke dalam luka tersebut dan menyebabkan infeksi atau iritasi.

4. Resistensi Bakteri

Dilansir dari Liputan6, sebuah penelitian dari University of Michigan menunjukan bahwa Triclosan yang ada pada hand sanitizer dapat menyebabkan terjadinya resistensi bakteri terhadap antibiotik. Bakteri baik juga bisa terbunuh dan menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

5. Gangguan Hormon

Selain menyebabkan resisitensi antibiotik, Triclosan juga dapat mengganggu hormon di dalam tubuh jika digunakan secara berlebihan. Riset membuktikan bahwa Triclosan menyebabkan bakteri bisa beradaptasi dengan antimikroba yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon.

6. Sistem Imun Melemah

Hand sanitizer juga bisa melemahkan sistem imun jika dipakai secara berlebihan. Sistem imun akan bekerja otomatis untuk memerangi zat asing yang dianggap berbahaya jika masuk ke tubuh. Hand sanitizer akan membuat sistem imun tersebut tidak menemukan entitas berbahaya untuk dilawan sehingga seiring berjalannya waktu daya tubuh akan terus menurun.

Sebuah studi pun menunjukan bahwa kadar Triclosan yang tinggi dapat menyebabkan reaksi alergi serta demam pada anak dan remaja.

7. Keracunan Alkohol

Jumlah alkohol dalam hand sanitizer sebagai bahan aktif untuk membunuh kuman bisa menyebabkan keracunan. Dikutip dari Kompas, para ahli percaya bahwa beberapa tetes hand sanitizer setara dengan suntikan alkohol. Maka dari itu, hindari menggunakan hand sanitizer secara berlebihan.

Sebaiknya Parent menjadikan hand sanitizer sebagai opsi dalam keadaan mendesak apabila tidak tersedia air di tempat. Lebih baik mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir jika memungkinkan.

Alternatif lain yang bisa digunakan adalah tisu basah pembersih yang dilengkapi dengan antiseptik. Sedangkan untuk membersihkan permukaan benda, Parents bisa menggunakan disinfektan.

Mengutip dari The sun, Centers For Disease Control And Prevention merekomendasikan penggunaan disinfektan dengan jarak sekitar enam inci atau 15 sentimeter.

Setelah mengetahui efek samping hand sanitizer secara berlebihan di atas, semoga Parents bisa lebih waspada lagi. Biasakan mencuci tangan dengan air dibandingkan hand sanitizer.[MA/KE]
×
Berita Terbaru Update