Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Ayo Berjemur! Ini 5 Tanda Tubuh yang Kurang Terpapar Sinar Matahari

Senin, 03 Agustus 2020 | 12:00:00 PM WIB Last Updated 2020-08-03T04:00:48Z


Berjemur bagus untuk kesehatan (Foto: Getty Images/iStockphoto/Shutter2U)

Koranelektronik.com -  Vitamin D yang terpadat pada sinar matahari bisa membantu menguatkan tulang dan sendi. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan vitamin D secara alami kita cukup berjemur di pagi hari selama 15-30 menit.

Bila kekurangan vitamin D yang kurang terpapar sinar matahari akan menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti diabetes, osteortritis (nyeri sendi), dan kanker.

Sebelum mengalami masalah kesehatan, tubuh akan memberi tanda.

Berikut ini 5 masalah tubuh yang kurang terpapar sinar matahari, seperti yang dikutip dari Thehealthy : 

1. Perubahan mood

Wesley Delbridge, RD dari Academy of Nutrition and Dietetic menyatakan jika sinar matahari mampu meningkatkan serotonin, yakni hormon yang bertanggung jawab atas kebahagian diri.

Maka dari itu, berjemur pada pagi hari akan meningkatkan mood.

2. Berat badan semakin bertambah

Sinar matahari mengandung nutrisi nitrat oksida, yang membuat metabolisme tubuh berjalan lancar dan mencegah seserong makan secara berlebihan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal diabetes menemukan jika paparan sinar UV bisa memperlambat kenaikan berat badan dan mencegah diabetes.

3. Tulang terasa sakit

Menurut Delbridge, kekurangan vitamin D disebabkan terkena sinar matahari akan membuat orang dewasa sering merasakan sakit dan nyeri otot pada tulang mereka. Selain itu, memebuat tubuh menjadi kaku di pagi hari.

4. Insomnia

National Sleep Faundation menjelaskan jika menghabiskan waktu dalam pencahayaan buatan (menatap layar elektronik), bisa membuat ritme sirkadian (jam interal tubuh) yang membuat seorang mengalami insomnia.

5. Berkeringat berlebihan

Berkeringat berlebihan pada dahi padahal tak sedang kepanasan, adalah salah satu tubuh yang kekurangan vitamin D.
×
Berita Terbaru Update