Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Begini Cara Menghilangkan Ketombe Tanpa Sampo, Cukup Gunakan 3 Bahan Dapur Ini Dijamin Bersih dan Bebas Dari Gatal

Senin, 24 Agustus 2020 | 3:23:00 PM WIB Last Updated 2020-08-24T07:23:56Z


Ilustrasi 

Koranelektronik.com - Kulit kepala gatal dan Ketombe yang berlebihan di rambut adalah hal yang sangat menggangu. Masalah ini sering dialami oleh semua orang terutama saat rambut mulai lepek.


Maka dari itu, sampo yang menawarkan kemampuan menghilangkan ketombe pun banyak beredar di pasaran. Tapi tak melulu menggunakan sampo, menghentikan ketombe juga bisa dengan bahan-bahan dapur. 


Menggunakan sampo anti ketombe memang jadi cara andalan dan praktis yang sering digunakan untuk menghilangkan ketombe. Sayangnya, cara tersebut tidak selalu berhasil di setiap orang.


Namun, tenang saja Girls. Menghilangkan ketombe ternyata juga bisa lho menggunakan bahan-bahan alami.


Berikut ini bahan alami yang ampuh menghilangkan ketombe :

1. Baking Soda

Tak heran bila Baking Soda ampuh menghilangkan ketombe, sebab bahan pengembang ini memang memiliki sifat anti jamur ringan, dan juga dapat mengangkat sel kulit mati di permukaan kulit tertular. 


Girls cukup mencakup sekitar satu sendok makan baking soda ke dalam sampo biasa, atau campurkan dengan air. Kemudian pijat dan gosok kulit kepala dengan campuran tersebut, lalu bilas hingga bersih.


Meski bisa menghilangkan ketombe, ahli tidak merekomendasikan pemakaian bakin soda terlalu sering, karena baking soda memiliki PH tinggi dan dapat merusak rambut.


2. Lidah Buaya

Menurut Kaveri Karhade, MD, Dokter Kulit bersertifikat di San Francisco Bay, AS, gel pada lidah buaya memiliki sifat sebagai pelembap.


Oleh karena itu, rasa gatal yang menyertai kulit kering di kulit kepala pun bisa teratasi. Sepertinya halnya baking soda, lidah buaya juga memiliki sifat antibakteri dan anti jamur yang dapat mengurangi jamur di kulit kepala dan mencegah timbulnya ketombe.


Cara penggunaannya, ambil gel lidah buaya dan oleskan ke area kulit kepala dan bermasalah. Biarkan sekitar 30 menit sebelum dibilas. Gel yang digunakan bisa berupa lidah buaya murni dari tanaman lidah buaya segar atau gel lidah buaya kemasan.


3. Cuka Sari Apel

Bahan alami satu ini memang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya menghilangkan ketombe. Cuka sari apel memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur, yang membunuh jamur penyebab ketombe.


Selain itu, cuka apel juga mengecilkan pori-pori dan menghilangkan minyak berlebih.


Cara penggunaannya dengan mengecerkan cuka apel dengan air dan mengoleskan ke kulit kepala, membiarkan sekitar lima menit sebelum membilasnya. 


Girls juga bebas memggunakan campuran air dengan cuka sari apel, atau mengurangi cuka sari apel jika kulit kepala sangat sensitif.


(MALA/KE)


×
Berita Terbaru Update