Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Dampak Yang Timbul Jika Kelamaan Main Internet Selama Pandemi Corona

Kamis, 06 Agustus 2020 | 8:51:00 AM WIB Last Updated 2020-08-06T00:51:17Z


Ilustrasi bermain Internet



Koranelektronik.com, Selama pandemi Corona menyebar ke seluruh dunia, selama itu juga aktivitas fisik dibatasi, seperti bekerja hingga bersekolah.

Beberapa aktivitas kini harus dilakukan melalui internet. Internet merupakan hal yang bermanfaat ditengah pandemi seperti ini, namun bermain internet terlalu lama justru bisa berdampak pada masalah kesehatan.

Menurut sebuah studi, durasi penggunaan internet di Indonesia mengalami peningkatan selama pandemi Corona, yaitu 11,6 jam per hari pada remaja dan 10 jam per hari pada orang dewasa. Studi dilakukan kepada 2.933 remaja dan 4.734 orang dewasa berusia 20-40 tahun di 33 provinsi Indonesia.

Lalu apa saja dampak yang terjadi terlalu lama menggunakan internet ?

Gangguan Psikologis 

Dokter spesialis kedokteran jiwa dari Siloam Hospital Lippo Village, dr Kristiana Siste Kurniasanti, SpKJ, mengatakan terlalu lama bermain internet bisa berpengaruh pada kondisi psikologis seseorang.Salah satunya adalah jam tidurnya terganggu.

Kecanduan Internet

dr Kristiana menerengkan, sala satu faktor risiko seseorang bisa kecanduan internet adalah karena terlalu lama bermain internet. Misalnya, main game online dan media sosial yang dilakukan berjam-jam sampai tak ingat waktu.

Apabila penggunaan internet lebih dari 11 jam sehari atau menggunakan media sosial lebih dari 3 jam sehari, maka remaja ini mengalami kecanduan internet.

Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

dr Kristiana menjelaskan, saat orang sedang asyik bermain internet, biasanya mereka akan cenderung lebih sedikit bergerak dan mengonsumsi makanan instan, seperti mie instan, atau makanan snack yang tidak bergizi yang mengakibatkan lelah sepanjang hari sehingga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.


×
Berita Terbaru Update