Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Ini Alasan Mengapa di Pagi Hari Waktu Terbaik untuk BAB

Sabtu, 08 Agustus 2020 | 12:49:00 PM WIB Last Updated 2020-08-08T04:50:43Z


Pagi hari waktu terbaik untuk BAB (Foto: thinkstock)

Koranelektronik.com - Bagi beberapa orang keinginan untuk buang air besar (BAB) muncul usai bangun tidur. Menurut para ahli, pagi hari memang menjadi waktu yang baik untuk buang air besar.

Seorang ahli gastroenterologi menjelaskan kepada Women's Health, pagi hari merupakan waktu terbaik untuk BAB, karena ketika seseorang tidur tubuh bekerja keras untuk mencerna makanan. Setelah bangun tidur dianjurkan untuk mengeluarkan sisa-sisa pencernaan.

Sementara itu, Dr Kenneth Koch, kepala gastroenterologi di Wake Forest Baptist Medical Center, dikutip dari Huffpost, mengatakan hal yang sama, yakni waktu terbaik untuk buang air besar adalah di pagi hari usai bangun tidur. Karena, usus kecil bekerja keras menghancurkan semua makanan yang di makan pada malam sebelumnya, sehingga baik untuk dikeluarkan dalam waktu 30 menit usai bangun tidur.

Pada pagi hari, usus besar akan mulai berkontraksi untuk memindahkan kotoran sehingga kotoran siap di keluarkan dari tubuh. Makan ternyata juga bisa memicu usus berkontraksi. Faktor utama agar tubuh rutin buang air besar di pagi hari yakni mengkonsumsi segelas air putih, kopi, buah-buahan, sayur, dan makanan yang mengandung serat.

Sebenarnya tak masalah seseorang membuang air besar kapan saja. Menurut Dr Sarina Pasricha, ahli gastreonterologi, dikutip dari Fatherly, menjelaskan jika pagi hari adalah waktu terbaik untuk membuang air besar.

Tetapi, hal tersebut tak menjadikan ukuran seseorang untuk membuang air besar karena setiap orang berbeda-beda dalam masalah pencernaan. Yang penting, jangan pernah memaksa untuk membuang air besar.

"Tidak apa-apa untuk tidak buang air besar di pagi hari selama seseorang melakukan buang besar setiap hari," papar Dr Pasricha, dikutip dari Fatherly.
×
Berita Terbaru Update