Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Ini Kata Pakar Tentang Asap Rokok Dapat Tularkan Virus Corona

Jumat, 07 Agustus 2020 | 1:48:00 PM WIB Last Updated 2020-08-07T05:48:28Z


Virus corona bisa menyebar lewat asap rokok, (Foto ilustrasi: iStock)

Koranelektronik.com - Para ahli menjelaskan virus Corona kemungkinan dapat tertular dari asap rokok, walaupun tak secara langsung. Bagaimana caranya?

Kepala staf medis American Lung Association, Albert Rizzo, mengatakan jika droplet dapat keluar bersamaan dengan asap rokok yang dihembuskan keluar saat sedang merokok. Droplet tersebutlah yang kemungkinan bisa menularkan virus Corona kepada orang lain.

"Seseorang berpotensi menyebarkan virus bukan hanya saat tidak memakai masker saja. Tetapi, mereka yang perokok juga bisa menghembuskan banyak droplet ke orang-orang yang ada disekitarnya, sehingga berpontensi terinfeksi virus tersebut," ungkap Rizzo yang dikutip dari Fox News, Jumat (7/8/2020).

Diketahui, virus Corona dikatakan bisa menyebar melalui berbagai cara. Mulai dari melalui droplet, kemungkinan penularan dari udara yang ruangannya tertutup, permukaan yang terkontaminasi, hingga temuan virus Corona pada limbah manusia.

Asap rokok mengandung terdapat banyak bahan kimia yang beracun, dan setidaknya 70 diantaranya dapat menyebabkan kanker. Asap rokok juga bisa mengurangi fungsi paru-paru, menyebabkan asma, penyakit jantung, kanker paru-paru, sampai stroke.

Menurut Pusat Pengandalian dan Pencegah Penyakit Amerika Serikat (CDC), penyakit-penyakit itu bisa berkomplikasi dengan infeksi Covid-19.

Salud Amerika, salah satu organisasi kesehatan yang berbasis di Texas menjelaskan, asap tersebut akan menempel pada debu, pakaian, dinding, hingga permukaan lainnya. Hal ini yang dapat menjadi sumber virus Corona.

"Debu mungkin mengandung partikel aerosol atau asap yang berukuran lebih besar daripada virus Corona. Itu sebabnya munculah kemungkinan bahwa mereka bisa mengandung Covid-19," jelas tim peneliti Ilmu dan Teknologi Lingkungan.
×
Berita Terbaru Update