Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Kamu Sering Membunyikan Persendian ? Berikut 4 Bahaya Jika Membunyikan Persendian Jari, Leher dan Punggung Terlalu Sering

Kamis, 13 Agustus 2020 | 8:57:00 PM WIB Last Updated 2020-08-13T12:57:49Z



ilustrasi membunyikan sendi (foto : google)

Koranelektronik.com, Seseorang yang merasa sangat lelah dan tegang atas sesuatu yang dia kerjakan, biasanya memiliki kebiasaan membunyikan jari, leher, hingga punggung. Melakukan hal itu bagi seseorang dapat menimpulkan rasa lega dan memunculkan perasaan puas atas bunyi yang keluar.

Tapi apakah kalian tahu bahwa 5 bahaya membunyikan persendian terlalu sering? Simak penjelasan dibawah ini :

1. Hilangnya Kontrol Persendian


Membunyikan persendian dapat mengakibatkan bagian kaki dan tangan sulit diperintahkan oleh otak. Untuk bisa bergerak, ruas jari kita tentu membutuhkan syaraf/ rangsangan dari otak sebagai pusat komando. Jika ini gagal dilakukan otak, maka persendian anda akan susah digerakkan dan nampak seperti robot.

2. Rapuhnya Tulang Rawan

Menurud Edmund  Edelma, Ketua German Rheumatologists Association (BDRh), suara bunyi "kreek" berasal dari pergesekan otot dengan permukaan. Membagikan bagian ruas jari dapat merangsang keluarnya cairan sinovial yang akan berubah menjadi udara bersama dengan keluarnya bunyi seperti retakan.

3. Bergeser Bantalan Sendi Tulang Belakang

Menurut dokter spesialis bedah orthopedi dari Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, dr Benedictus, membunyikan persediaan tulang punggung dapat menyebabkan penekanan pada sum-sum tulang belakang dan syaraf  perifer yang keluar dari ruas tulang belakang . Sehingga akan terjadi pergeseran.

4. Persendian Menjadi Aus

Jika kebiasaan ini dilakukan secara berlebihan, misalnya 5 menit sekali bisa berpotensi menyebabkan persendian mengalami keausan. Dalam jangka panjang, jika kebiasaan ini dibiarkan berlarut-larut bisa menyebabkan osteoarthritis (OA) atau dikenal dengan peradangan sendi kronis dikemudian hari
×
Berita Terbaru Update