Iklan

Iklan

Kebiasaan Yang Salah Dalam Kehidupan Sehari-hari, Apa saja?

Jumat, 21 Agustus 2020 | 4:02:00 PM WIB Last Updated 2020-08-21T08:02:39Z
ilustrasi menyikat gigi (foto : Google)

Koranelektronik.com, 7 Kebiasaan sehari-hari yang salah kita lakukan, dari menyikat gigi setelah makan hingga mengisi ulang botol plastik.

1. Meniup Makanan Yang Panas


Meniup makanan yang panas denga mulut bisa menularkan bakteri. Bakteri itu bisa menyebabkan gigi berlubang atau menyerang daya tahan tubuh seseorang, terlebih pada balita.

2. Mengangkat Orang Pingsan


Faktanya, tekanan darah orang yang pingsan akan menurun secara tiba-tiba. Hal itu membuat aliran darah terhambat dan tidak sampai ke otak. Apalagi jika tubuh korban diangkat secara tiba-tiba.
Caranya yang tepat yaitu dengan memposisikan kepala korban lebih rendah dari dadanya. Baringkan ditempat yang rata dan angkat kaki lebih tinggi dari tubuhnya. Biarkan posisi ini selama beberapa menit.

3. Menghisap Racun Gigitan Ular

Sebagian orang biasanya menghisap gigitan ular untuk mengeluarkan racunnya. Namun ternyata menurut penelitian cara itu benar-banar salah kaprah! Para peneliti menyebutkan jika cara yang benar adalah dengan mencegah agar bisanya tidak menyebar. Langkah kedua adalah dengan memanggil ambulance untuk penanganan medis.

4. Menyikat Gigi Setelah Makan


Kebiasaan ini terbukti akan merusak enamel atau lapisan pelindung gigi. Waktu yang tepat untuk menyikat gigi adalah pagi hari sebelum sarapan. Jika kamu ingin menghilangkan aroma tak sedap setelah makan, sebaiknya kumur-kumur terlebih dahulu sebelum menyikat dengan air. Tunggu sekitar 40 menit, setelah itu sikatnya gigimu.

5. Mengompres Memar Dengan Es


Jika kita mengompress memar dengan es, itu akan mengurangi aliran darah dan memperlambat penyembuhan. Parahnya lagi bisa menyebabkan radang dingin. Yang sebaiknya dilakukan adalah dengan membungkus es dengan handuk atau lain. Kompres es pada area yang memar setelah trauma. jangan megompress lebih dari 10 menit.

6. Mengisi Ulang Botol Plastik


Mengisi ulang botol plastik ada bahan kimia berbahaya dalam plastik yang disebut BPA. Zat ini bisa larut ke dalam air dan menumbuhkan bakteri di celah-celah botol. Bakteri ini dapat mempengaruhi kesuburan dan memicu kanker.

7. Menepuk Punggung Saat Tersedak

Jika anda menepuk-nepuk punggung orang yang tersedak, justru membuat benda yang menyangkut bisa tergelincir ke bawah. Sebaiknya, condongkan tubuh temanmu kedepan hingga mereka batuk. Jika tidak berhasil juga, berikan pukulan ringan di antara tulang belikat. Namun sebelumnya pastikan orang tersebut sudah mencondongkan tubuhnya kedepan.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kebiasaan Yang Salah Dalam Kehidupan Sehari-hari, Apa saja?

Trending Now

Iklan