LATEST IN TECH

Technology/feat-big

Iklan

Iklan

Kisah Haru Bocah SD Ini Rela Jalan Kaki 6 Jam Tiap Hari Demi Sekolah

Kamis, 13 Agustus 2020 | 9:05:00 AM WIB Last Updated 2020-08-13T01:07:18Z
perjuang seorang bocah demi bisa bersekolah

KoranElektronik.com - Masih banyak kendala yang di alami masyarakat pedalaman, pendidikan yang layak seharusnya sudah menjadi hak bagi setiap warga negara Indonesia. Namun kenyataannya, masih bangyak anak-anak di Tanah Air yang kesulitan dalam mendapatkan akses pendidikan.

Salah satunya yang dialami oleh bocah bernama Marianta yang tinggal di pelosok Desa Banutan, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali. Setiap harinya Ia rela menempuh waktu 6 jam dari rumah hanya demi bisa bersekolah.

Baru-baru ini, kisah perjuangan Marianta dibagikan oleh akun Facebook ATAP Nusantara pada Senin (10/8/2020) dan ramai dibicarakan warganet.

Saat in, Marianta masih duduk di bangku kelas eman sekolah dasar. Rumahnya yang berada jauh dari sekolah membuatnya sangat kesulitan.

Setiap hari, Ia harus berjalan kaki selama lima hingga eman jam demi bisa sekolah. Marianta harus berjalan melewati perladangan dan jalan kampung karena tidak punya kendaraan.

Hal ini karena kondisi perekonomian orangtuanya yang kurang mampu. Bahkan saat musim hujan, Ia harus rela bajunya basah dan kotor karena diguyur hujan saat baerjalan ke sekolah.

"Lihatlah perjuangan anak ini untuk sekolah. Besok dia dan anak kelas 6 ujian pemantapan. Namun karena sekolahnya sangat jauh dan harus melewati perbukitan, anak ini harus ke sekolah hari ini karena takut besok terlambat sampai sekolah," tulis pemilik akun Facebook ATAP Nusantara.

 Biasanya, Marianta mulai berjalan menuju ke swekolah tiap subuh. Agar tidak terlambat mengikuti ujian pemantapan, Marianta terpaksa menginap di rumah temannya.

Malangnya, orangtua teman yang akan menampungnya menginap juga mempunyai masalah perekonomian. Ia pun harus membawa jagung untuk bekalnya selama menumpang di rumah tersebut.

"Demi bisa mengikuti ujian pemantapan besok, Narianta dan 2 temanya hari ini ke sekolah dan akan menumpang di rumah warga. Marianta membawa bekal jagung kiloan yang nantinya akan dia masak buat makan, sementara jagung yang masih utuh akan di goreng pake lauk," tulis akun tersebut

Perjuangan Marianta untuk bersekolah ini langsung membuat hati para warganet tersentuh. Terlihat di kolom komentar, banyak warganet yang menyemangati Marianta dan mendoakan agar kelak Ia bisa menjadi orang sukses.

"Allauakbar kaki, hati dan jalan yang kamu kewati jadi saksi bisumu menuntut ilmu dek...Tetap semangat, Tuhan nggak tidur dek.", tulis akun @fitri_laila3.

"Yakin saja semua usahamu membuahkan hasil. Sukses yaa dunia dan akhirat aamiin," tulis akun @hildasaras.

[MA/KE]
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kisah Haru Bocah SD Ini Rela Jalan Kaki 6 Jam Tiap Hari Demi Sekolah

Trending Now

Iklan