Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Makan Durian Ditambah Minuman Bersoda Berakibat Kematian, Fakta atau Hoaks?

Rabu, 12 Agustus 2020 | 2:24:00 PM WIB Last Updated 2020-08-12T06:24:48Z


Buah Durian

KoranElektronok.com - Durian yang memiliki kulit yang berduri tajam, namun  daging durian memiliki rasa yang sangat enak. Informsi mengonsumsi durian dengan minuman bersoda berakibat fatal bagi tubuh bahkan bisa menyebabkan kematian beredar di media sosial Facebook.

Menampilkan pria tergeletak di lantai dengan mulut berbusa setelah menenggak minuman bersoda dan memakan durian. Dengan narasi sebagai berikut :

"Bagi pecinta durian, tolong jangan makan durian di tambah ini ya guys bisa berakibat fatal."

Dilansir dari Liputan6.com, Ketua Umum pergizi pangan Indonesia prof.Dr.Ir.Herdinsyah menjelaskan informasi yang beredar mengenai minuman bersoda dapat berbahaya jika dikondumsi secara bersamaan dengan durian adalah tidak benar.

"Tidak benar jika minuman bersoda dengan durian dapat menyebabkan kematian karena tidak ada penelitian yang mendukung. Reaksi yang ditimbulkan karena mengonsumsi secara bersamaan pun tidak langsung meninggal, hanya kembung," kata Prof Hardinsyah kepada Liputan6.com, Selasa (11/8/2020).

Menurut Prof Hardinsyah, jika seseorang memiliki riwayat penyakit hipertensi maka mengonsumsi durian tidak dianjurkan. Sebab, durian memiliki kandungan kalori yang tinggi.

"Menjadi berbahaya karena dipicu penyakit bawaan seperti hipertensi jika mengonsumsi durian yang memiliki kalori tinggi. Reaksi yang ditimbulkan karena mengonsumsi secara bersamaan pun tidak langsung meninggal, hanya kembung," tambah Prof Herdinsyah.

Sementara itu dilansir dari Kominfo berjudul "(Hoaks) makan durian dicampur dengan cola-cola menyebabkan kematian" di muat pada 29 Januari 2019.

Menurut Dr. Errawan R Wiradisuria Sp.B (KBD), M.Kes, spesialis bedah dari RS Premier Bintaro, minum-minuman soda setelah mengonsumsi durian tidak membuat seseorang langsung meninggal saat itu.

"Secara ilmiah tidak ada hubunhan makan durian lalu minum soda meninggal. Hanya mungkin ada efek kembung yang dirasakan. Karena durian juga salah satu makanan yang menimbulkan gas sehingga menimbulkan kembung."

Klaim minuman bersida dapat berbahaya jika dikonsumsi secara bersamaan dengan durian adalah tidak benar.

Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia Prof.Dr.Ir. Hardinsyah menjelaskan jika minuman bersoda dengan durian dapat menyebabkan kematian karena tidak ada penelitian yang mendukung. Reaksi yang ditimbulkan karena mengonsumsi secara bersamaan pun tidak langsung meninggal, hanya kembung.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

[MA/KE]
×
Berita Terbaru Update