Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Manfaat Air Rebusan Daun Sirsak

Senin, 03 Agustus 2020 | 6:45:00 PM WIB Last Updated 2020-08-03T10:45:23Z


Daun sirsak

KoranElektronik.com - Pengobatan alternatif dengan menggunakan bahan alami, sangat efektik selain mudah dan praktis. Pengobatan yang menggunakan bahan alami tidak memiliki efek samping yang berlebihan.

Seperti daun sirsak berikut ini, selain buahnya yang bisa kita nikmati, daun sirsak juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat air rebusan daun sirsak mengandung acetogenin, yaitu senyawa yang ampuh menyingkirkan racun dalam tubuh dan menyembuhkan beragam penyakit.

Dilansir dari theAsianparent.com, berikut manfaat daun sirsak untuk kesehatan :

1. Mengobati kanker

Kanker menjadi momok yang menakutkan bagi setiap orang, daun sirsak ternyata memiliki kemampuan menghambat sel kanker lebih cepat dan efektif dibanding kemoterapi.

Studi yang dilakukan di Universitas Nebraska menemukan, ekstrak graviola yang ada fdalam daun sirsak ampuh mengurangi resiko perkembangan kanker pankreas yang mematikan.

Untuk merasakan hasil yang optimal, cukup merebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air. Rebus hingga tersisa 1 gelas air saja.

Ramuan ini bisa di minum dalam keadaan hangat maupun dingin. Minumlah setiap pagi agar manfaatnya cepat terasa.

2. Mengobati Asam Urat

Tidak hanya untuk mengobati kanker, kandungan acetogenin dalam daun sirsak juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati asam urat.

Caranya mudah, rebuslah 10 lembar daun sirsak dan usahakan pilih daun yang agak tua. Rebuslah dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja.

Minum setiap pagi ya, agak khasiatnya dapat lebih optimal.

3. Sembuhkan Kista Ovarium

Kista ovarium atau disebut juga tumor jinak bisa mengenai wanita manapun, jika dibiarkan bisa berkembang menjadi kanker. Nah, untuk mengatasinya dengan meminum rebusan air daun sirsak.

4. Mengobati Kolesterol

Dengan merebus lalu meminum air rebusan daun sirsak, juga bisa menurunkan kadar kolestrol tinggi yang bisa menyebabkan penyakit serius.

Sama dengan sebelumnya, cukup merebus 10 lembar daun sirsak yang agak tua. Saat airnya hanya tinggal segelas, bisa meminumnya di saat pagi hari dalam keadaan hangat atau dingin untuk hasil yang maksimal.

5. Mengobati Diabetes

Senyawa yang ada pada daun sirsak sudah terbukti dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia dan menjadikannya normal.

Hal ini disebabkan daun sirsak kaya akan kandungan antioksidan seperti senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid. Antioksidan berguna untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dan penyakit serius yang mengintai tubuh setiap saat.

6. Meningkatkan Kesuburan

Pasangan yang baru menikah sangat menanti hadirnya momongan, namun ada kalanya sesuatu hal yang menghambat misalnya kondisi sperma dan sel telur yang kurang mendukung.

Kondisi ini ternyata bisa diatasi dengan cara meminum daun sirsak, kandungan nutrisi yang ada didalamnya sangat ampuh memberi gizi yang sehat pada sel telur dan sperma.

Gunakan 15 lembar daun sirsak yang tidak terlalu muda maupun tua, gula jawa atau madu dan daun salam atau serai.

Caranya mudah, cuci bersih daun sirsak lalu rebus dalam 5 gelas air hingga airnya menyusut hanya tinggal 2 gelas. bisa tambahkan gula jawa atau madu dan daun salam agar rasanya lebuh enak dan aromanya menggugah selera.

7. Menyingkirkan kutu

Daun sirsak memang bermanfaat bagi manusia, namun di sisi lain sangat beracun bvagi serangga atau parasit. Karena itulah daun sirsak dapat digunakan untuk menghambat dan membasmi kutu serta ketombe.

Caranya dengan menggunakan air rebusan untuk mencuci rambut, diamkan selama beberapa saat lalu cuci rambut seperti biasa hingga bersih.[MA/KE]

×
Berita Terbaru Update