Looking For Anything Specific?

LATEST IN TECH

Technology/feat-big

Iklan

Iklan

Manfaat Buah Pomelo Bagi Kesehatan, Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Kamis, 13 Agustus 2020 | 11:07:00 AM WIB Last Updated 2020-08-13T04:50:52Z
Buah pomelo yang memiliki banyak nutrisi

KoranElektronik.com - Buah pomelo adalah sumber nutrisi yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Buah pomelo merupakan salah satu jenis buah jeruk yang sangat erat hubungannya dengan jeruk bali. Nama ilmiahnya, Citrus maxima atau Citrus grandis, pohon pomelo berasal dari Asia Selatan dan dianggap sebagai buah jeruk terbesar dari keluarga rue.

Kulit buahnya bervariasi dari hijau pucat hingga kuning, daging bagian dalam bisa berwarna putih, merah atau merah muda. Namun, ada beberapa varietas dan hibrida berbeda yang tersedia, semuanya sedikit berbeda dalam hal ukuran, warna, dan penampilan.

Rasa polelo sangat mirip dengan jeruk bali, dan manfaatnya juga mirip dengan manfaat jeruk bali. Namun, perbedaan utama antara rasa pomelo dan grapefruit adalah bahwa pomelo jauh lebih lembut dan tidak terlalu pahit dan asam.

Berikut beberapa manfaat buah pomelo bagi tubuh :

1. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Buah pomelo adalah makanan sumber vitamin C yang bagus, vitamin penting yang larut dalam air dan memainkan peran kunci dalam kesehatan kekebalan tubuh. Studi menunjuukan bahwa mendapatkan cukup vitamin C dalam makanan anda dapat mengurangi gejala dan memperpendek durasi infeksi saluran pernapasan, termasuk flu biasa.

Buah pomelo juga mengandung antioksidan, yaitu senyawa yang membantu menghalangi pembentukan radikal bebas berbahaya di dalam tubuh untuk mencegah kerusakan sel dan stres oksidatif.

Menurut sebuah penelitian di Spanyol, antioksidan bahkan dapat melindungi dari kerusakan sel kekebalan dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap patogen infecsius.

2. Mendukung kesehatan pencernaan

Seperti buah dan sayuran lainnya, pomelo kaya serat, mengemas hampir dua gram ke dalam setiap cangkir. Serat adalah nutrisi penting yang terkait dengan sejumlah manfaat kesehatan, terutama dalam hal kesehatan pencernaan.

Faktanya, penelitian menunjuukan asupan serat makanan dapat meningkatkan keteraturan dan mengurangi resiko kondisi pencernaan, seperti wasir, sakit maag, dan refluks asam.

3. Melindungi dari penyakit kronis

Buah pomelo mengandung beragam antioksidan, termasuk flavonoid seperti naringin dan naringenin, yang juga biasa ditemukan pada buah jeruk lainnya seperti jeruk bali, lemom, jeruk nipis, jeruk, dan buah yuzu.

Antioksidan sangat penting untuk bberapa aspek kesehatan. Tidak hanya dapat meredakan peradangan dan mengurangi gejala banyak gangguan autoimun, tetapi beberapa penelitian juga menunjukan bahwa antioksidan dapat melindungi dari kondisi kronis, seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

4. Mengurangi tingkat kolesterol

Beberapa model hewan yang menjanjikan telah menemukan bahwa menambahkan buah pomelo ke dalam makanan anda dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengoptimalkan kesehatan jantung.

Misalnya, sebuah penelitian pada hewan tahun 2019 yang diterbitkan dalam Journal Of Toxicology menunjukjan bahwa pemberian ekstrak jeruk bali pada tikus efektif dalam menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol jahat LDL dan trigliserida, yang semuanya merupakan faktor resiko utama penyakit jantung.

Terlebih lagi, model hewan lain yang dilakukan di China mencatat bahwa senyawa tertentu yang diekstrak dari kulit jeruk bali membantu meningkatkan kadar lipid, mengurangi trigliserida, dan memblokir penambahan berat badan yang diberi makanan tinggi lemak.

5. Dapat membantu memerangi pertumbuhan sel kanker

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia, beberapa penelitian pada hewan menemukan bahwa antioksidan dan polifenol yang ditemukan dalam buah pomelo berpotensi membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Misalnya, model hewan tahun 2018 melaporkan bahwa mengobati tikus dengan ekstrak pomelo efektif untuk menekan pertumbuhan tumor dan melindungi fungsi kekebalan. Studi lain memiliki temuan serupa, mencatat bahwa ekstrak jeruk bali memiliki sifat melawan kanker yang kuat dan mampu mengurangi volume tumor dan mengurangi jumlah sel tumor pada tikus.

6. Memperlambat tanda-tanda penuaan

Pomelo kaya akan vitamin C dan antioksidan, keduanya merupakan senyawa penting yang dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan dengan cara melindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Plus, beberapa penelitian telah menemukan ekstrak pomelo dapat membantu menghambat pembentukan produk akhir glikasi lanjutan, yang juga dikenal sebagai AGES.

Mekipun AGES terutama disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi, namun juga diproduksi selama proses penuaan dan dianggap berkontribusi pada tanda-tanda penuaan, seperti keriput, garis halus, dan penurunan elastisitas kulit.

7. Mengandung sifat antimikroba

Yang cukup menarik, beberapa penelitian menunjukan bahwa buah pomelo dapat memiliki sifat antimikroba, yang bisa efektif train bakteri dan jamur yang berbahaya.

Sebagaian besar penelitian difokuskan pada efek minyak atsiri yang ekstrak dari buah pomelo, yang telah terbukti dapat mencegah pertumbuhan strain bakteri tertentu, seperti Staphylococci dan Enterobacteriaceae.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Nasional Vietnam juga menemukan bahwa pomelo juga efektif melawan beberapa jenis jamur, termasuk Penicillium expansum, sejenis jamur biru yang bertindak sebagai patogen.

[MA/KE]

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Manfaat Buah Pomelo Bagi Kesehatan, Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Trending Now

Iklan