Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Memanfaatkan Pekarangan Rumah Untuk Kebutuhan Hidup Ditengah Pandemi COVID-19

Kamis, 27 Agustus 2020 | 8:52:00 PM WIB Last Updated 2020-08-27T14:04:29Z



Foto : Henry (43), Pemilik perkarangan yang kreatif
Koranelektronik.com, Samarinda - Berkenaan dengan Bencana Penyakit Akibat virus Corona (Covid-19) di Provinsi Kalimantan Timur, khususnya di Samarinda mengakibatkan banyak masyarakat yang mengalami dampak secara langsung maupun tak langsung.

Dampak secara langsung ini terkait dengan banyaknya karyawan dan buruh yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) bahkan adanya pengusaha yang gulung tikar.

Secara tak langsung, masyarakat mengalami krisis kebutuhan pangan dan juga pendidikan.

Salah satu warga yang terdampak adalah Henry (43) warga Jalan Banggeris, Kelurahan Teluk Ulu, Kecamatan Sungai Kunjang, Samarinda yang mencoba memenuhi kebutuhan keluarga dengan cara bertanam sayur mayur dan tanaman obat dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya.

"Saya memanfaatkan lahan rumah saya yang kecil ini untuk ditanami sayuran dan ada juga tanaman untuk obat agar bisa dipergunakan untuk keperluan sehari-hari," kata Henry.
Foto : Hendry menanam tanaman sayur dan obat untuk kebutuhan keluarga
Ditambahkannya,  ada juga tanaman buah namun masih kecil, belum ada hasilnya.

Henry mengatakan bahwa jenis tanaman sayur yang ia tanam di antaranya kacang panjang, buncis, kacang hijau, bayam, tomat, terong, cabe, kangkung dan singkong. Sedangkan untuk tanaman obat ada kunyit, serai dan temulawak serta tanaman buah ada sirsak dan mangga.

"Dengan luas pekarangan 10x15 meter ini, Yah, cukuplah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pak, sehingga kami jarang berbelanja sayur ke pasar, karena tinggal ambil dari pekarangan saja, " terang Henry kepada awak media Koranelektronik.com.

Kegiatan yang dilakukannya sudah berjalan selama 5 bulan sejak mulai merebaknya Covid-19.

"Sehari-harinya, saya dibantu oleh istri dan anak saya. Ini sudah belangsung selama 5 bulan dan lama-kelamaan ini menjadi rutinitas saya," terang bapak yang memiliki dua orang anak ini.

Kegiatan yang dilakukan oleh Henry, bisa menjadi contoh bagi masyarakat atau inspirasi bahkan solusi untuk untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga.

Sesuai dengan anjuran pemerintah selama pandemi Covid-19 sebaiknya masyarakat tetap #DirumahAja. Namun, dirumah saja bukan berarti diam saja tetapi tetap kreatif dalam memenuhi kebutuhan hidup sekaligus melindungi diri dari Covid-19.


Penulis : Yohannes Benny
Editor : Abner Vaivi
×
Berita Terbaru Update