Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Menlu Amerika Serikat Ucapkan Selamat HUT RI ke-75 Tahun, Bicara Hubungan Strategis

Senin, 17 Agustus 2020 | 10:56:00 AM WIB Last Updated 2020-08-17T02:56:10Z


Foto: Menlu Retno Marsudi dan Menlu AS Mike Pompeo tahun 2018. (State Department file photo)

Koranelektronik.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengucapkan selamat hari Kemerdekaan kepada warga Indonesia. Pompeo mengucapkan ucapan tersebut atas nama pemerintah AS.

"Atas nama pemerintah Amerika Serikat, dengan tulus saya mengucapkan selamat kepada rakyat Indonesia yang merayakan hari ulang tahun ke-75 kemerdekaan pada 17 Agustus," kata Pompeo dalam keterangan tertulis yang disiarkan oleh Kedubes AS di Jakarta, Minggu (16/8/2020).

Pompeo menjelaskan jika momen ini adalah waktu yang penting untuk Indonesia sebagai salah satu negara demokrasi. Ia juga mengingatkan bahwa hari kemerdekaan ini juga dapat menjadi momen refleksi persehabatan antara Indonesia dan AS.

"HUT ke-75 ini merupakan momen yang sangat penting dan saat untuk mengakui langkah besar yang telah diambil oleh rakyat Indonesia untuk tampil sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia dan negara anggota G20. Juga merupakan momen untuk merefleksikan persahabatan panjang kedua bangsa," ungkapnya.

Selanjutnya, Pompeo berbicara mengenai hubungan strategis antara AS dan Indonesia. Ia mengatakan kedua negara akan terus memperkuat ikatan berdasarkan nilai demokrasi hingga hubungan ekonomi.

"Kemitraan strategis yang telah dibangun Amerika Serikat dan Indonesia tetap menjadi lebih penting dari sebelumnya, bahkan ketika kedua negara menghadapi tantangan pandemi global yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Kita akan terus memperkuat ikatan kedua negara berdasarkan nilai-nilai demokrasi yang kita miliki bersama, hubungan ekonomi yang mendalam, dan komitmen kita akan Indo-Pasifik yang damai dan sejahtera,"
×
Berita Terbaru Update