Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Peran Penting BPBD Kota Samarinda, Dalam Mencegah Penyebaran Covid-19

Jumat, 28 Agustus 2020 | 8:39:00 PM WIB Last Updated 2020-08-28T12:39:50Z




Koranelektronik.com, Samarinda - Semakin tingginya penambahan kasus yang terkonfirmasi covid-19 di Kota Samarinda membuat peranan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Samarinda lebih aktif.

Berdasarkan data yang dilansir dari Press Release Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur per tanggal 28 Agustus 2020 jam 12.00 WITA. Kota Samarinda terjadi penambahan kasus terkonfirmasi positif covid-19 sebanyak 39 kasus.

Saat pandemi covid-19 ini, BPBD Kota Samarinda bersatu dalam satuan tugas (Satgas) bersama dengan Aparat, OPD pemerintah Kota. Masing-masing mempunyai peran dalam hal mengatasi bencana pandemi Covid-19, baik dari segi pencegahan maupun segi pemulihan ekonomi. Dimana akibat Covid-19 ini berdampak kesemua sektor, terutama dari sektor pertumbuhan ekonomi yang lambat.

Dalam menangani pandemi Covid-19 ini pihak BPBD kota Samarinda berperan aktif dalam pencegahan, memutus mata rantai penyebaran Covid-19, dengan melakukan sosialisai, peyemprotan disinfektan kerumah pasien Covid-19, perkantoran, rumah ibadah, fasilitas umum, atau swasta yang meminta bantuan untuk peyemprotan disinfektan.

Selain itu BPBD kota Samarinda juga berperan dalam pengevakuasian atau penjemputan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari rumah pasien ke rumah sakit. Dan juga melakukan pemulasaran, menjemput dan membawa  jenazah Covid-19 dari rumah sakit ke tempat pemakaman khusus Covid-19 di Serayu Tanah Merah.

Plt.Ketua BPBD Hendra AH menambahkan, “Dengan adanya Inpres Nomor 06 Tahun 2020 tentang Pendisiplinan Protokol Kesehatan, peran BPBD melakukan monitoring di seluruh pusat perbelanjaan, layanan bisnis, kantor pemerintah, swasta, serta rumah ibadah untuk selalu menekankan kepada masyarakat akan tiga hal, yakni agar selalu memakai masker saat keluar rumah, selalu cuci tangan dan menjaga jarak di tempat-tempat keramaian,” ucapnya.


Penulis : Fajrien
Editor : Santi Dwi Lestari
×
Berita Terbaru Update