Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Rencana Pemindahan PNS Ke Desa, Berikut Kategori PNS Yang Akan Dipindahkan Ke Desa

Selasa, 04 Agustus 2020 | 9:00:00 AM WIB Last Updated 2020-08-04T01:00:22Z


foto :Agung Pambudhy (Dok.detik.com)


Koranelektronik.com, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo, menjelaskan terkait 1,6juta  PNS tenaga administrasi yang rencananya akan dipindah ke desa.

Tjahjo Kumolo mengklarifikasi kabar yang beredar yang menyatakan bahwa pihaknya bakal melakukan mutasi pegawai negeri sipil. Menurutnya bukan mutasi yang akan dilakukan, ini menjadi salah pemahaman. Menurutnya tidak ada istilah mutasi di desa.

Dia mengatakan, ada kalanya terjadi kekosongan tenaga-tenaga di pedesaan. Oleh karena itu PNS tenaga administrasi ini ditugaskan untuk mengisi kekosongan tersebut.

"Intinya bahwa secara keseluruhan, tersapat 4,2 juta ASN, 70% di antaranya ada di daerah, dan 1,6 juta diantaranya adalah tenaga administrasi yang tersebar di pusat maupun daerah.


Plt Deputi Sumber Daya Aparatur Kementrian PAN-RB Teguh Widjanarko Mengungkapkan PNS yang bekerja di instansi pemerintah pusat tetap  di tugaskan di pusat tapi akan dialihfungsikan menjadi tenaga fungsional.

"Kan dibagi dua nih 1,6 juta (PNS tenaga administrasi) ada yang di daerah maupun dipusat. Kalau dipusat tetap akan dipusat, namun dikembangkan untuk jabatan -jabatan fungsional yang memang dibutuhkan dipusat," jelas Teguh, Senin (3/8/2020).

PNS yang dikirim mengisi kekosongan tenaga di desa-desa adalah PNS tenaga administrasi yang sekarang bekerja di daerah. Dari daerah ini nanti yang tenaga-tenaga administrasi yang potensial ini setelah di didik dan sebagainya, punya kapasitas bagus, dan mereka bisa dikirim ke daerah-daerah yang kekurangan formasi itu.


Teguh menjelaskan pemerintah akan menyaring PNS tenaga administrasi di daerah yang punya kapasitas untuk menjadi tenaga fungsional di desa-desa.

"Bukan dialihkan semua, namun yang punya potensi. Diperiksa terlebih dahulu sama kita karena tenaga administrasi itu ada yang lulusan SMA, pokoknya dibawah S1 lah, bahkan ada juga yang dibawah SMA. Ini juga akan perlu kita lihat mana yang punya potensi dan mana yang tidak . Yang tidak , akan tetap sebagai tenaga administrasi," tambahnya.





×
Berita Terbaru Update