Iklan

Iklan

Sosialisasi Protokol Kesehatan Covid-19, Polresta Samarinda Bagi 1000 Masker

Kamis, 20 Agustus 2020 | 5:17:00 PM WIB Last Updated 2020-08-20T10:13:36Z
Sosialisai yang dilakukan Polresta Samarinda

Koranelektronik.com, Samarinda - Untuk menekan peningkatan penyebaran Covid-19, Polresta Samarinda melakukan sosialisasi kepada masyarakat Samarinda dengan melakukan pembagian 1000 masker, Kamis(20/8/2020) di beberapa tempat keramaian.

Sosialisasi dan pembagian masker ini, melibatkan personil dari jajaran Polresta Samarinda yang terjun langsung ke masyarakat. Sebelum melakukan sosialisasi, setiap personil Kepolisian yang bertugas diberikan arahan oleh Wakapolresta Samarinda AKBP Dedi Agustono, S.I.K dan Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Surya, S.I.K, M.H.

Dalam arahannya, Dedi mengatakan bahwa peningkatan penyebaran Covid-19 di Samarinda, saat ini setiap harinya diatas 15. Hal ini harus diantisipasi dengan cara mencegahnya. Pencegahan ini dilakukan dengan mendatangi tempat keramaian seperti pasar pagi, pasar segiri, tepian dan tempat keramaian lainnya. 

"Tolong proses sosialisasi ini dilakukan secara humanis, semua personil bergerak dan tolong dilaporkan apa yang dihimbau dan dilakukan pada masyarakat, seperti pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan. Ini adalah tahap sosialisasi ke masyarakat," ujar Dedi.

Selanjutnya senada dengan arahan tersebut, Ade mengingatkan bahwa legal formal kita adalah Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian COVID-19. 

"Kita memerangi wujud yang tidak kelihatan, dari Inpres tersebut kita harus mendisiplinkan diri kita dengan 3 cara yaitu pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan. Kenapa pakai masker karena virus bisa menyebar melalui droplet(cairan), jaga jarak karena saat ini ilmuan menemukan bahwa virus Covid-19 bisa menyebar melalui Airborne(udara), dan dilanjutkan dengan cuci tangan," ucap Ade. 

Ia menambahkan bahwa ada 3 daerah berbahaya Covid-19, Balikpapan, Samarinda dan Kukar. Sehingga perintah langsung dari Kapolda untuk dilakukan proses pendisiplinan di Polresta Samarinda.

Selesai pengarahan yang dilakukan di Taman Samarendah, seluruh personil Polresta Samarinda bergerak ke beberapa titik keramaian. Salah satunya di daerah Pelabuhan Samarinda, tepatnya di warung kopi Abun yang ramai dikunjungi orang.

Dalam kesempatan tersebut, Kabid Humas Polda Kaltim memberikan himbauan sekaligus masker kepada pemilik warung dan pengunjung warung agar terus menjaga protokol kesehatan Covid-19. 

Sementara itu Abun(50) pemilik warung kopi pelabuhan merasa senang dan terus mendukung pemerintah guna mencegah Covid-19." 

Kami akan selalu mengingatkan kepada para pengunjung untuk senantiasa pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan. Harapannya, Covid ini bisa cepat berlalu dan bisa hidup normal lagi,"ungkapnya.

Kegiatan Sosialisasi akan terus dilaksanakan agar masyarakat Samarinda khususnya, bisa disiplin diri dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Penulis : Yohannes Benny H.L
Editor   : Santi Dwi Lestari



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sosialisasi Protokol Kesehatan Covid-19, Polresta Samarinda Bagi 1000 Masker

Trending Now

Iklan