Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Tips Mengatasi Kulit Kusam Agar Tampak Cerah

Kamis, 06 Agustus 2020 | 10:40:00 PM WIB Last Updated 2020-08-06T14:40:22Z


Ilustrasi perawatan

KoranElektronik.com - Kulit sehat merupakan keinginan semua orang, sedangkan kulit kusam merupakan kondisi kulit yang tidak sehat ditandai dengan warna kulit yang tidak rata, lelah, muram, dan tidak berseri.

Kulit kusam dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti sel kulit mati, dehidrasi, diet, dan kurang tidur. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatai kulit kusam agar kembali tampak cerah.

Berikut tips mengatasi kulit kusam :

1. Eksfoliasi Kulit

Mulailah dengan rutin mengeksfoliasi kulit. Mengeksfoliasi kulit merupakan cara paling efektif untuk menjaga kulit agar tidak terlihat kusam.

Eksfoliasi merupakan proses pengelupasan kulit mati. Eksfoliasi dapat dilakukan dengan masker scrub. Gunakan bahan masker dan scrub yang cocok untuk kulit. Lakukan eksfoliasi rutin setiap 1-2 kali seminggu.

2. Gunakan Pelembap

Kulit kusam sering kali karena kulit kering. Oleh karena itu gunakan pelembap berbahan dasar air terutama setelah mencuci muka. Pelembap dapat menjaga kandungan air di kulit sehingga dapat mengatasi dan mencegah kulit kusam.

3. Minum Yang Cukup

Konsumsilah air putih yang cukup untuk menjaga kulit terhidrasi dengan baik. Kulit yang terhidrasi bakal tampak lebih cerah.

Selain minuman, konsumsi pula makanan bernutrisi tinggi yang baik untuk kulit seperti buah dan sayuran yang mengandung antioksidanj dan vitamin. Antioksidan mampu menjaga kulit dari radikal bebas yang juga berkontribusi membuat kulit kusam.

Sedangkan vitamin mampu meningkatkan elastisitas dan kecerahan kulit.

4. Olahraga

Rutin berolahraga dapat merangsang dan memperlancar aliran darah yang penting untuk membuat kulit bercahaya. Darah yang mengalir ke seluruh tubuh dengan baik dapat mengirimkan nutrisi penting ke kulit wajah sehingga kulit tampak lebih sehat.

5. Hindari Merokok

Hindari merokok dan jauhi asap rokok. Merokok dan asap rokok meningkatkan radikal bebas dan menghilangkan keremajaan kulit. Merokok dapat membuat kulit tanpa tua dan lebih pucat sehingga terlihat kusam.

[MA/KE]

×
Berita Terbaru Update