LATEST IN TECH

Technology/feat-big

Iklan

Iklan

Tremor Terus Meningkat, Aktivitas Gunung Sinabung Terus Meningkat

Rabu, 19 Agustus 2020 | 1:34:00 AM WIB Last Updated 2020-08-18T17:34:50Z
Gunung Sinabung terus menunjukan aktivitasnya [foto:KE]

KoranElektronik.com - Aktivitas Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumetera Utara (Sumut) terus menunjukan peningkatan, Bahkan tremor terus terjadi dengan kplpm abu 500-2.000 meter dan arah angin ke Timur-Tenggara, pada Selasa (18/8/2020).

Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung Armen mengatakan, tremor erupsi yang terus meningkat dengan tinggi kolom abu 500-2.000 meter di atas puncak kawah. Asap kawah bertekanan sedang hingga kuat teramati berwarna putih dan kalabu dengan intensitas sedang hingga tebal.

Armen mengingatkan agar masyarakat tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, di dalam radius 3 km dari puncak gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor Selatan-Timur, dan 4 km untuk sektor Timur-Utara.

"Kondisi saat ini di Berastagi juga ditutupi abu vulkanik. Masyarakat tetap diimbau agar memakai masker bila keluar rumah. Masyarakat yang berada dan bermungkim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," sebutnya.

Saat ini Gunung Sinabung berada pada status level III atau siaga. Gunung Sinabung terakhir erupsi pada Juni 2019. Namun kembali menunjukan aktivitas peningkatan mulai 8 Agustus 2020. Bahkan erupsi besar terjadi dengan tinggi 5.000 meter pada 10 Agustus 2020 pukul 10.16 WIB. Sejumlah wilayah di guyur abu vulkanik. Bahkan Kecamatan Naman Teran gelap gulita akibat tertutup abu vulkanik.

[MA/KE]
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tremor Terus Meningkat, Aktivitas Gunung Sinabung Terus Meningkat

Trending Now

Iklan