Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Waw, 4 Mahasiswa ITS Menciptakan Alat Pendeteksi Pasien COVID-19

Rabu, 05 Agustus 2020 | 3:13:00 PM WIB Last Updated 2020-08-05T07:13:11Z



Koranelektronik.com - 4 Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yaitu Akbar Suwandana, Alvin Cahya Adi Perdana, Tahta Anugrah Wibowo dan Gita Marcella Khoirun Nissa telah menciptakan alat monitoring untuk mendeteksi pasien covid-19 bernama Ramones bagi para masyarakat yang berkeliaran.

Ketua Tim, Akbar menjelaskan alat Ramones ini mampu mendeteksi orang dalam pengawasan (ODP, pasien dalam pengawasan (PDP), dan orang tanpa gejala (OTG) yang  diduga positif covid-19. Rencananya alat ini akan di letakkan di tempat-tempat umum seperti sekolah, mall, pintu masuk/keluar desa yang berada di zona merah.

Jika alat Ramones ini diletakkan di mall, cara kerjanya yaitu pengunjung yang akan masuk berdiri terlebih dahulu di titik pengukuran, secara otomatis sensor akan bekerja, mulai dari mengukur ketinggian, mendeteksi wajah, serta mengukur suhu tubuh pengunjung. Semua data akan masuk database Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Covid-19.

Data yang masuk akan langsung dicocokkan dengan database BNPB. Bila ditemukan kecocokan akan muncul notifikasi di monitor. selain itu buzzer alaram pada portal juga akan menyala, pengunjung di larang masuk.

Adanya alat sensor ini (Ramones) dapat mengurangi resiko petugas atau penjaga portal terpapar Covid-19. Dana berharap alat ini dapat mengurangi kekhawatiran masyrakat yang hendak berkunjung ke tempat umum.
×
Berita Terbaru Update