Notification

×

Iklan

Top Ads

Iklan

Indeks Berita

Waw Warga Janggala Gelar Upacara Kemerdekaan di Sungai Cileueur Ciamis

Senin, 17 Agustus 2020 | 2:43:00 PM WIB Last Updated 2020-08-17T06:43:44Z



Koranelektronik.com - Bermacam cara unik yang dilakukan warga masyarakat dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75. Salah satunya dilakukan oleh warga Janggala, Kelurahan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Menggelar upacara detik-detik proklamasi di tengah Sungai Cileueur, Senin (17/08/2020).

Para peserta upacara melaksanakan upacara di area tengah sungai yang dibentuk persegi dari batu. Tiang bendera pun terbuat dari bambu dan map naskah petugas upacara dari daun pisang.

30 peserta dan petugas ini menggunakan pakaian kompak yakni hitam putih, serta atribut merah putih. Tak lupa pula dalam kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, dan jaga jarak. Upacara ini dilaksankan dengan khidmat dan diikuti warga yang antusias di pinggir sungai.

Hal ini baru pertama kalinya diadakan warga. Karena di massa pandemi COVID-19 tidak banyak yang menggelar upacara seperti tahu sebelumnya, ditambah lagi warga Janggala tidak memiliki lapangan luas untuk menggelar upacara.

"Kami sengaja gelar upacara ditengah sungai. Karena memang tempat tinggal kami berdekatan dengan bantaran sungai. Sungai ini juga sering digunakan warga sebagai sumber air, sebelum upacara digelar warga bersama remaja dan anak-anak gotong royong membersihkan sungai" ujar Panitia Pelaksana Himawan Sasongko.

Sementara itu, upacara Hari Kemerdekaan tingkat Kabupaten di gelar di halaman Pendopo Ciamus. Kegiatan ini hanya diikuti 30 peserta dari TNI, Polres dan ASN. Bupati Ciamis Herdiat Sunarya sebagai inspektur upacara.

Harapannya, dengan kegiatan upacara hari kemerdekaan ini dapat menumbuhkan rasa nasionalisme. Umumnya bagi warga dan khususnya bagi anak-anak untuk kemajuan Indonesi.
×
Berita Terbaru Update